Pendampingan Penyusunan Kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Sekotong

Penulis

Gito Hadiprayitno , I Wayan Suana , Muhammad Syazali , Gde Cahyadi Wirajagad , Eni Suyantri , Sri Aprilia Nur Larasati , Safariyanti Manisa , Dwi Zainul Sunardi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9043

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Mangrove, Kurikulum, Konservasi, Pelajar, Pancasila

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hadiprayitno, G., Suana, I. W., Syazali, M., Wirajagad, G. C., Suyantri, E., Larasati, S. A. N., … Sunardi, D. Z. (2024). Pendampingan Penyusunan Kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Sekotong. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 841–849. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9043

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya dalam mewujudkan perilaku siswa yang sesuai dengan nilai-nilai yang sejalan dengan pembelajaran paradigma baru. Salah satu sekolah yang menerapkan P5 ini ialah SMAN 1 Sekotong. Karena itu diperlukan pendampingan penyusunan kurikulum P5 yang bertujuan untuk membantu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan pendampingan penyusunan kurikulum ini dilakukan dilakukan melalui beberapa tahap kegiatan, diantaranya ialah (1) membentuk tim fasilitator P5, (2) identifikasi kesiapan sekolah dalam menjalankan P5, dan (3) menentukan dimensi dan tema P5. Pendampingan ini diawali dengan melakukan wawancara mendalam dan FGD pada tim fasilitator P5 yang ada di sekolah. Hasil wawancara tersebut dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan draft kurikulum P5. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa tema P5 SMAN 1 Sekotong terkait gaya hidup berkelanjutan ialah “Mangroveku Berkembang, Banjir Robku Berkurang”. Secara umum, kurikulum yang disusun terdiri dari (1) kegiatan yang harus dilakukan sebelum memulai projek, (2) tahapan dalam melaksanakan projek, (3) dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila, (4) aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa, dan (5) refleksi dan assesmen formatif.   Kurikulum P5 yang disepakati akan diterapkan padda tahun pelajaran 2024/2025.

Referensi

Akhmadi, A. (2023). Keanekaragaman dan Spesies Indikator pada Hutan Mangrove di Teluk Sampit, Kotawaringin Timur: The Diversity and Indicator Species in the Mangrove Forest at Sampit Bay, East Kotawaringin. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 4(1): 1-11.

Amalia, E., Pramesti, R., Pribadi, R., & Setyati, W. A. (2019). Tingkat Herbivori Daun Avicennia marina (Forssk.) Vierh dan Rhizophora mucronata di Vegetasi Mangrove–Timbulsloko, Demak. Jurnal Enggano, 4(2): 128-135.

Asrori, M. M. (2020). Keanekaragaman Burung Ekowisata Bagek Kembar Kawasan Esensial Mangrove Lombok Barat. Mataram: BKSDA NTB.

Dewi, D. P. N., Dewi, E. G. A., & Putra, I. B. A. (2024). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Digital untuk Mendukung P5 Kewirausahaan di SMAK Santo Yoseph Denpasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2): 2907-2913.

Dinihulda, A., Akbar, A. A., & Jumiati, J. (2018). Peran Ekosistem Mangrove Bagi Mitigasi Pemanasan Global. Jurnal Teknik Sipil, 18(2): 191-198.

Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Sikap Mandiri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3): 1570–1575.

Hadiprayitno, G. , Suana, I. W., Syazali, M., Japa, L., , Santoso, D., & Suyantri, E. (2023) Public Perceptions of Ecotourism in Bagek Kembar Mangrove Essential Ecosystem Area, Sekotong, West Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9): 753-762.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1): 1224–1238.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4): 5170–5175.

Laila, R. N., Assunniyah, N., Nugroho, N. S. A., Permata Sari, R. G., Suwandi, S., & Setiyoningsih, T. (2022). Implementation Of Pancasila Student Profile in The Merdeka Curriculum For High School in Sragen Regency. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1): 135–148.

Melati, D. N. (2021). Mangrove Ecosystem and Climate Change Mitigation: A Literature Review. Jurnal Sains dan Teknologi Mitigasi Bencana, 16(1): 1-8.

Najmi, N., Rahmawati, & Lisdayanti, E. (2024). Persepsi Masyarakat terhadap Keberadaan Ekosistem Mangrove Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo. Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan, 6(1): 47-58.

Nurihayanti, O. (2021). Pancasila Student Profile As Achievement Merdeka Belajar on Program Guru Penggerak. 2021 International Conference of Interdisciplinary Sciences ICIS, 200–209.

Permana, R., & Andhikawati, A. (2023). Penanaman Bibit Mangrove di Kawasan Tanjung Cemara Kabupaten Pangandaran Sebagai Upaya Perlindungan Wilayah Pesisir. Farmers: Journal of Community Services, 4(1): 11-16.

Rizkasari, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1): 50–60.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2): 230-249.

Senoaji, G., & Hidayat, M. F. (2017). Peranan Ekosistem Mangrove di Kota Pesisir Bengkulu Dalam Mitigasi Pemanasan Global Melalui Penyimpanan Karbon (The Role Of Mangrove Ecosystem in The Coastal City of Bengkulu in Mitigating Global Warming Through Carbon Sequestration). Jurnal manusia dan lingkungan, 23(3): 327-333.

Saputra, R., Rochmiyati, S., & Havifah Cahyo Khosiyono, B. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 10(1): 87-98.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3): 195–208.

Suyantri, E., Hadiprayitno, G., Santoso, D., Karnan, K., & Ilhamdi, M. L. (2024). Public Perceptions of the Prospective Birdwatching Ecotourism in the Bagek Kembar Mangrove Essential Ecosystem Area (EEA), Sekotong District, West Lombok. In SHS Web of Conferences, 182.

Yulia, N, M., Suttrisno, Sa’diyah, Z., & Ni’mah, D. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2): 429–441.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Gito Hadiprayitno, I Wayan Suana, Muhammad Syazali, Gde Cahyadi Wirajagad, Eni Suyantri, Sri Aprilia Nur Larasati, Safariyanti Manisa, Dwi Zainul Sunardi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).