Keputusan Pengolahan Produksi Daun Tembakau Virginia Di Desa Gapura Kecamatan Pujut Lombok Tengah

Penulis

Akhmad Jufri , Sahri , Moh. Huzaini , Wahyunadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9044

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Keputusan Petani, Pengolahan, Tembakau Virginia

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jufri, A., Sahri, Huzaini, M., & Wahyunadi. (2024). Keputusan Pengolahan Produksi Daun Tembakau Virginia Di Desa Gapura Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 809–815. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9044

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengolahan produksi daun tembakau virginia di Desa Gapura Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah sebagian besar dilakukan dengan cara pengovenan dan hanya sedikit dilakukan dengan cara perajangan. Beberapa tahun terakhir ini terjadi peningkatan permintaan produk tembakau rajangan sehingga banyak petani tembakau yang mengolah produksi daun tembakaunya dengan cara perajangan. Adanya fenomena ini dipandang penting untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat terkait keputusan pengolahan produksi daun tembakau virginia. Tujuan pengabdian untuk memberikan pemahaman kepada petani dalam mengambil keputusan pengolahan daun tembakau virginia dengan cara pengovenan atau perajangan. Kegiatan Pengabdian dilakukan dengan metode penyuluhan sekaligus FDG (focus discussion group) diantara petani tembakau virginia, mitra serta staf desa gapura. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa petani tembakau memahami dengan baik berbagai  aspek yang dipertimbangkan dalam mengambil keputusan mengolah produk daun tembakau  dengan cara pengovenan atau perajang serta memahami perbandingan biaya dan pendapatan ekonomis yang diperoleh dari pemilihan keputusan cara pengolahan yang digunakan. Hasil pemantauan diketahui sebagian petani mengolah produksi daun tembakau virginia dengan cara perajangan karena perajangan dipandang lebih peraktis dan sedikit menggunakan tenaga kerja.

Referensi

Aini, I., Usman, Y., & Yusmarni. (2019). Tobacco (Nicotiana tabacum) in District of Bukit Barisan 50 Kota Regency. JOSETA : Journal of Socio Economic on Tropical Agriculture, 1(1), 79–88.

BPS Lombok Tengah. (2023). Kabupaten Lombok Tengah Dalam Angka Tahun 2023, Katalog:1102002.5202. BPS Kabupaten Lombok Tengah.

Desa Gapura. (2023). Profil desa gapura tahun 2023.

Dillon, J.L., dan Scandizzo, 1978, Risk Attitude of Subsistence Famers in North East Brazil: A sampling Approach, American Journal of Agricultural Economics (AJAE), 60 (3), p. 425-435

Jufri, A., & Artikel, I. (2021). USAHATANI TEMBAKAU SEBAGAI ALTERNATIF. 2(1), 1–14.

Jufri, A., Sahri, S., Huzaini, M., Wahyunadi, W., & Ro’is, I. (2023). Mesin Rajang Tembakau Sebagai Alternatif Pengolahan Produksi Daun Tembakau Virginia Di Desa Gapura Lombok Tengah. Jurnal Abdimas Sangkabira, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v4i1.821

Maridiana, A., Widayanti, S., Soedarto, T., & Atasa, D. (2022). Analisis Manajemen Risiko Usaha Tani Tembakau Di Desa Prancak Kecamatan Posongsongan Kabupaten Sumenep. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 9(2), 680–698.

Nursan, M., Ayu, C., & Komang, P. (2020). Usahatani Tembakau Virginia Di Kabupaten Lombok Tengah. 2748.

Sahril, et.al (2018), Analisis Pendapatan Usahatani Tembakau Virginia Penjualan Daun Basah Dan Kering Di Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah, Fakultas Pertanian Universitas Mataram

Semaoen , 1992, Keputusan Petani Dalam pemakaian Masukan Dosis Tinggi Dalam Supra Insus dan Hasil Yang Dicapai di Lahan Swah di Jawa Timur, Laporan Hasil Penelitian, Universitas Brawijaya Malang.

Soekartawi, Soehardjo, J.L. Dillon dan B.Hardaker, 1986, Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil, Ui-Press, Jakarta

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Akhmad Jufri, Sahri, Moh. Huzaini, Wahyunadi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).