Pelatihan Dan Pendampingan Publikasi Artikel Ilmiah Di Jurnal Terakreditasi Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru-Guru SMPN 17 Mataram

Penulis

Anindita SHM Kusuma , I Putu Artayasa , Mohammad Liwa Ilhamdi , Heru Setiawan , Rubiyatna Sakaroni , Jannatul Aini

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9045

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Pengabdian kepada Masyarakat, Pelatihan, Pendampingan, Artikel Ilmiah, Publikasi.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusuma, A. S., Artayasa, I. P., Ilhamdi, M. L., Setiawan, H., Sakaroni, R., & Aini, J. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Publikasi Artikel Ilmiah Di Jurnal Terakreditasi Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru-Guru SMPN 17 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 799–808. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9045

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penyebaran gagasan atau kontribusi intelektual seseorang atau sekelompok orang dapat dilakukan melalui suatu proses yang disebut publikasi dan untuk guru, karya tulis ilmiah mereka dapat diungkapkan melalui publikasi dalam bentuk artikel penelitian. Kegiatan PkM dilatarbelakangi permasalahan mitra yang meliputi kurangnya akses sumber informasi untuk menemukan jurnal terakreditasi dan jurnal yang sesuai dengan bidang keilmuan penelitian yang telah dilakukan, kurangnya informasi terkait cara mengkases jurnal yang tepat dan cara membuat akun di jurnal, guru masih kesulitan dalam melakukan submit artikel di jurnal. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu 1) pengetahuan guru tentang jurnal terakreditasi dan tidak terakreditasi nasional pada saat pretest adalah hanya 28% guru yang memahami tentang jurnal terakreditasi dan tidak terakreditasi nasional dan saat posttest naik menjadi 100%, 2) pengetahuan guru tentang jurnal yang sesuai dengan keilmuan masing-masing pada saat pretest hanya 42% guru yang mengetahui tentang jurnal yang sesuai bidang kelimuan masing-masing dan pada saat posttest naik menjadi 100%, 3) pengetahuan guru tentang cara mengakses jurnal yang sesuai dengan keilmuan masing-masing pada saat pretest hanya 42% guru yang mengetahui tentang cara mengakses jurnal yang sesuai dengan keilmuan masing-masing dan pada saat posttest naik menjadi 100%, 4) pengetahuan guru tentang cara membuat akun di jurnal pada saat pretest hanya 23% guru yang mengetahui tentang cara membuat akun di jurnal dan pada saat posttest naik menjadi 100%, 5) pengetahuan guru tentang cara submit artikel ke jurnal pada saat pretest hanya 9% guru yang mengetahui tentang cara submit artikel ke jurnal dan pada saat posttest naik menjadi 85%. Saran rekomendasi yakni berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan adalah bahwa perlu adanya pendampingan yang lebih intens berkaitan publikasi artikel dan karya ilmiah lain, dan kegiatan pengabdian ini perlu dilanjutkan secara berkesinambungan.

Referensi

Ansori, M. (2021). Pelatihan Pendampingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMP Plus Al-Qodiri Jember Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 139-156.

Cendra, R., Gazali, N., Apriani, L., & Al Amin, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SMP Negeri 4 Tapung Hilir. Community Education Engagement Journal, 2(1), 1-6.

Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi dalam Publikasi Ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jp.v1i2.10

Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan teknik publikasi jurnal ilmiah bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 38-42.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-20.

Kusumaningrum, S. B. C., & Ramadani, S. D. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Publikasi Ilmiah di Bidang Penelitian Pendidikan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2644-2649.

Mahmudati, N., Waluyo, L., & Pantiwati, Y. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penelitian dan Publikasi Ilmiah untuk Guru Anggota MGMP IPA Kota Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(2), 241-248.

MZ, Z. A., Muhandas, R., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2024). Pendampingan Publikasi Ilmiah Pendidik Melalui Penulisan Artikel Ilmiah Terbitan Jurnal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3).

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Journal Humanity, 10(1), 18.

Permenpan, R. B. No. 16 Tahun 2009. Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Rusdarti, R., Slamet, A., & Prajanti, S. D. W. (2018). Pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam pembuatan publikasi ilmiah melalui workshop dan pendampingan bagi guru SMA Kota Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 16(1), 85-94.

Siregar, E. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 173–186.

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SMA kecamatan jalaksana kabupaten kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15-24.

Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Anindita SHM Kusuma, I Putu Artayasa, Mohammad Liwa Ilhamdi, Heru Setiawan, Rubiyatna Sakaroni, Jannatul Aini

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).