Menjaga Gigi Anak Tetap Sehat Dan Kuat Dengan Rajin Menyikat Gigi Di Madrasah Ibtida`iyah DI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9051Diterbitkan:
2024-12-24Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Gigi; Sehat; Sekolah DasarArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kesehatan gigi dan mulut anak-anak memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka, termasuk prestasi belajar di sekolah. Namun, masih banyak anak yang kurang memahami pentingnya menjaga kebersihan gigi, sehingga berisiko mengalami masalah gigi seperti karies dan gigi berlubang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa di Madrasah Ibtida’iyah Nurul Hakim, Kediri, Lombok Barat, tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut melalui kebiasaan menyikat gigi yang benar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyuluhan interaktif, demonstrasi menyikat gigi yang benar, dan praktik langsung yang melibatkan siswa. Selain itu, diberikan juga alat bantu seperti poster edukasi dan sikat gigi untuk mendukung keberlanjutan program ini. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang cara menjaga kebersihan gigi serta peningkatan motivasi untuk menerapkan kebiasaan menyikat gigi secara rutin, khususnya setelah sarapan dan sebelum tidur. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif dalam menanamkan kebiasaan baik pada siswa, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan gigi dan mulut mereka di masa depan. Kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak, termasuk guru dan orang tua, untuk menciptakan generasi yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Referensi
Arumsari, F. (2014). Pembiasaan menggosok gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & Cs, A. (2023). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 2538-2546.
Emilia, O., & Prabandari, Y. S. (2019). Promosi kesehatan dalam lingkup kesehatan reproduksi. Ugm Press.
Sutomo, S. Y., Usman, A., Yulandasari, V., & Wikandari, D. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Perilaku Perawatan Gigi Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Dusun Paok Odang Desa Sisik Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 8(1), 47-53.
Wijayanti, H. N., & Rahayu, P. P. (2019). Membiasakan Diri Menyikat Gigi Sebagai Tindakan Utama Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 1(2), 7-12.
Biografi Penulis
Heny Kurniawati, Universitas Mataram
Baiq Mutmainah, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Karya Adi Husada Mataram
Supnawadi, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Karya Adi Husada Mataram
Kurnia Erma Puri, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Karya Adi Husada Mataram
Abdul Aziz, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Karya Adi Husada Mataram
Dony Hidayat, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Karya Adi Husada Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Heny Kurniawati, Baiq Mutmainah, Supnawadi, Kurnia Erma Puri, Abdul Aziz, Dony Hidayat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).