Pengenalan Pengenalan Pertanian Secara Kreatif Dengan Teknologi AI Di SDN Tamansari 02 Wuluhan Kabupaten Jember

Pengenalan Pertanian Secara Kreatif Dengan Teknologi AI Di SDN Tamansari 02 Wuluhan Kabupaten Jember

Penulis

Suci Ristiyana , Tri Wahyu Saputra , Ika Purnamasari , Yagus Wijayanto , Yusuf Rachmandhika

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9057

Diterbitkan:

2024-10-18

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

pertanian, Kreativitas,, Buku Bacaan Anak, kecerdasan buatan, SDN Tamansari 02, Pendidikan dasar, Kabupaten Jember

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ristiyana, S., Tri Wahyu Saputra, Ika Purnamasari, Yagus Wijayanto, & Yusuf Rachmandhika. (2024). Pengenalan Pengenalan Pertanian Secara Kreatif Dengan Teknologi AI Di SDN Tamansari 02 Wuluhan Kabupaten Jember: Pengenalan Pertanian Secara Kreatif Dengan Teknologi AI Di SDN Tamansari 02 Wuluhan Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1084–1088. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9057

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep pertanian secara kreatif kepada siswa-siswa SD melalui pembuatan buku bacaan anak yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI). Studi ini dilakukan di SDN Tamansari 02 Wuluhan, Kabupaten Jember. Dalam kegiatan ini, buku bacaan anak tentang pertanian dirancang dengan bantuan AI untuk membuat konten yang lebih menarik dan edukatif. Buku ini berfokus pada pengenalan dasar-dasar pertanian dan pentingnya pertanian bagi kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku bacaan berbasis AI meningkatkan minat siswa dalam mempelajari pertanian dan membantu mereka memahami konsep-konsep pertanian dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, penggunaan teknologi AI dalam pembuatan bahan ajar seperti buku bacaan anak dapat menjadi salah satu solusi inovatif untuk meningkatkan literasi dan pemahaman siswa terhadap sektor pertanian.

 

Referensi

Farwati, M., Salsabila, I. T., Navira, K. R., & Sutabri, T. (2023). Analisa Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Kehidupan Sehari-Hari. JURSIMA, 11(1), 39-45.

Nawi, A. (2019). Penerokaan Awal Terhadap Isu dan Impak Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan terhadap Kehidupan Manusia [Early Exploration Towards Issues and Impact the Use of Artificial Intelligence Technology Towards Human Beings]. Asian Journal of Civilizational Studies (AJOCS), 1(4), 24-33.

Thoriq, A. (2017). Edukasi Teknologi Pertanian Untuk Anak Usia Dini di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(1).

Faisal, H. N. (2020). Peran Penyuluhan Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Peran Kelompok Tano (Studi Kasus Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Agribis, 6(1), 1-13.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara.

Fatmawati, A., Mulyanti, D. R., Hasmidar, H., Nasution, A. H., & Muala, B. (2023). EKONOMI PERTANIAN: Pengantar dan Konsep Dasar Ekonomi Pertanian di Indonesial. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Suci Ristiyana, Tri Wahyu Saputra, Ika Purnamasari, Yagus Wijayanto, Yusuf Rachmandhika

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).