Peningkatan Mutu Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di UPT SMAN 10 Pinrang

Penulis

Mas’ud , Marwati abd. Malik , Abdul Ihksan , Ardillah Azzahra , Asti Andriani , Baso Syarief Riadi , Hasmawati , Handriani , Iin Daryani Anugrah Sari , Muh. Arif Ali

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9060

Diterbitkan:

2024-09-29

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Guru, MI, Sekolah Dasar.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mas’ud, Malik, M. abd., Ihksan, A., Azzahra, A., Andriani, A., Riadi, B. S., … Ali, M. A. (2024). Peningkatan Mutu Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di UPT SMAN 10 Pinrang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1118–1123. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9060

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kurikulum Merdeka merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan fleksibilitas dalam penyampaian materi ajar dan mendorong pembelajaran yang lebih relevan dan kontekstual. Implementasi kurikulum merdeka di berbagai satuan pendidikan, termasuk di UPT SMAN 10 Pinrang memiliki tantangan dalam pengimplementasianya. Salah satu tantangan utamanya adalah kurangnya pemahaman mendalam atau pengetahuan yang memadai dari para guru terkait materi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka, seperti pembelajaran berdeferensiasi, Profil pelajar pancasila (P5), dan pengembangan modul ajar. Dalam rangka meningkatkan mutu guru di SMAN 10 Pinrang, Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 berkolaborasi dengan UPT SMAN 10 Pinrang mengadakan Pelatihan dan workshop terkait kurikulum merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka di UPT SMAN 10 Pinrang. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap: observasi, perencanaan, dan pelaksanaan. Ketercapaian tujuan kegiatan diukur melalui hasil angket respon peserta seminar pendidikan dengan 3 item pernyataan yang dibagikan melalui link. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Referensi

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Defianti, A., Sakti, I., & Agustinsa, R. (2024). Pelatihan dan pendampingan penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) di smp idhata kota bengkulu. Abdimas.V2i1.33085.

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Naitboho, M. N. (2024). Adaptasi Guru Terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 5 Kupang. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.59098/pensos.v2i1.1527

Biografi Penulis

Abdul Ihksan, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Mas’ud, Marwati abd. Malik, Abdul Ihksan, Ardillah Azzahra, Asti Andriani, Baso Syarief Riadi, Hasmawati, Handriani, Iin Daryani Anugrah Sari, Muh. Arif Ali

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).