Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Inklusi Pada Guru Lingkup Dikdasmen Kecamatan Babat

Penulis

Oriza Zativalen , Rizka Novi Irmaningrum , Ari Susandi , Arfian Mudayan

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9073

Diterbitkan:

2024-12-29

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Anjelina, W., Silvia, N., & Gitituati, N. (2021). Program Merdeka Belajar, Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1977–1982. Atikah Dalimunthe, N., Pusfita Sari, N., Umayroh, R., Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F. (2023). Penerapan Kesantunan Komunikasi Dalam Interaksi Pembelajaran Kelas 5 Mis Ypi Batang Kuis. Communnity Development Journal, 4(6), 12219–12228. Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254 Lestari, A., Setiawan, F., & Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602–610. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703 siti solikhah. (2016). Terapi Bermain Pretend Play Untuk Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Kabupaten Lamongan. Prosiding Seminar Nasinal, 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/psn.v0i0.1746 Susandi, A. (2017). The Influence Model Blanded Learning of Social Sciences Subjects Respecting Indonesian Ethnic and Cultural Diversity To Increasing Activity And Learning Outcomes of Grade V Students in Elementary School 1 Purwoharjo Banyuwangi Distric Year 2015/2016. Pancaran Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i3.44 Yang, M., Chen, I. J., Song, Y., & Wang, X. (2021). Comparison of intergenerational transmission of gender roles between single-parent families and two-parent families: The influence of parental child-rearing gender-role attitudes. Children and Youth Services Review, 125(October 2020), 105985. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.105985

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zativalen, O., Irmaningrum, R. N., Susandi, A., & Mudayan, A. (2024). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Inklusi Pada Guru Lingkup Dikdasmen Kecamatan Babat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1873–1876. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9073

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, tuna laras, anak kesulitan belajar, dan anak inklusi berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak lain. Hak asasi manusia yang menegaskan bahwa pendidikan merupakan hak asasi yang paling dasar dari anak-anak, membuat pendidik berusaha untuk lebih giat dan memperluas akses pendidikan kepada semua siswa dalam berbagai latar belakang (Ikramullah & Sirojuddin, 2020). Perluasan pendidikan tidak hanya dilakukan oleh pendidik dalam hal ini guru atau sekolah, namun membutuhkan peran serta dari keluarga, masyarakat, dan negara yang diharapkan mampu menuntaskan kesenjangan pendidikan yang ada di Indonesia. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru SD lingkup kecamatan babat dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran inovatif di sekolah dasar inklusi, meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran inovatif di sekolah dasar inklusi. Selain itu, antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini  ini cukup tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran inklusi di sekolah dasar dan mendukung terwujudnya pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.

 

Referensi

Anjelina, W., Silvia, N., & Gitituati, N. (2021). Program Merdeka Belajar, Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1977–1982.

Atikah Dalimunthe, N., Pusfita Sari, N., Umayroh, R., Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F. (2023). Penerapan Kesantunan Komunikasi Dalam Interaksi Pembelajaran Kelas 5 Mis Ypi Batang Kuis. Communnity Development Journal, 4(6), 12219–12228.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Lestari, A., Setiawan, F., & Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602–610. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703

siti solikhah. (2016). Terapi Bermain Pretend Play Untuk Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Kabupaten Lamongan. Prosiding Seminar Nasinal, 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/psn.v0i0.1746

Susandi, A. (2017). The Influence Model Blanded Learning of Social Sciences Subjects Respecting Indonesian Ethnic and Cultural Diversity To Increasing Activity And Learning Outcomes of Grade V Students in Elementary School 1 Purwoharjo Banyuwangi Distric Year 2015/2016. Pancaran Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i3.44

Yang, M., Chen, I. J., Song, Y., & Wang, X. (2021). Comparison of intergenerational transmission of gender roles between single-parent families and two-parent families: The influence of parental child-rearing gender-role attitudes. Children and Youth Services Review, 125(October 2020), 105985. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.105985

Biografi Penulis

Ari Susandi, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Oriza Zativalen, Rizka Novi Irmaningrum, Ari Susandi, Arfian Mudayan

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).