Pemanfaatan Aplikasi Keuangan berbasis Web (SEMETON BUMDES) untuk meningkatkan efektifitas Pengelolaan Keuangan pada BUMDes Desa Wisata

Penulis

Embun Suryani , Sarifudin , Siti Aisyah Hidayati , Muhammad Akhyar

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9078

Diterbitkan:

2024-09-04

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Pelaporan Keuangan, Aplikasi Keuangan Berbasis Web

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suryani, E., Sarifudin, Hidayati, S. A., & Akhyar, M. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Keuangan berbasis Web (SEMETON BUMDES) untuk meningkatkan efektifitas Pengelolaan Keuangan pada BUMDes Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 933–938. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9078

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan institusi yang dibentuk oleh pemerintah desa serta masyarakat untuk mengelola kegiatan-kegiatan ekonomi desa.  Namun, BUMDes dalam menjalankan fungsinya juga dihadapkan pada permasalahan internal terkait keterbatasan kemampuan SDM, salah satunya adalah sistem akuntansi dan manajemen keuangan yang buruk, sehingga pengelolaan keuangan BUMDes menjadi tidak optimal. Hal inilah yang menjadi hambatan utama bagi BUMDes untuk mendapatkan akses permodalan ke lembaga keuangan formal. BUMDes tidak mampu menerapkan administrasi keuangan yang sesuai dengan standar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mendorong peningkatan kapasitas usaha dan akses pembiayaan BUMDes adalah dengan menyediakan sarana pencatatan transaksi keuangan yang terstandar dan sederhana. Melalui kegiatan penelitian selama dua tahun, telah dibentuk Aplikasi Keuangan untuk BUMDes berbasis web. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan telah memenuhi standar akuntansi pelaku usaha kecil mikro, dimana dalam hal ini adalah BUMDes. Aplikasi ini bernama “Semeton Bumdes”. Untuk itu, dilakukan pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi keuangan Semeton BUMDes kepada pengelola BUMDes di desa wisata, Desa Kute Kecamatan Kute Kabupaten Lombok Barat. Pelaksanaan pembinaan ini menggunakan pendekatan Participatory Rural Appraisal yang menekankan keterlibatan masyarakat dalam keseluruhan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program. Kegiatan ini terbagi menjadi tiga yaitu: 1) sosialisasi tentang upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman standar pencatatan dan pelaporan keuangan; 2) demonstration plot penggunaan aplikasi keuangan berbasis web bagi pengelola BUMDes; dan 3) pendampingan penggunaan aplikasi keuangan berbasis web bagi pengelola BUMDes Desa Kute. Melalui pelatihan dan pendampingan ini meningkatkan kemampuan pengelola BUMDes untuk memahami proses pencatatan keuangan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan berbasis web (Semeton BUMDes).

Referensi

Feriady, M. (2018). Business Strategic Analysis Lembaga Keuangan Mikro Berbasis BUMDes (LKM-BUMDes) Dalam Penguatan Ekonomi Desa. Equilibria Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Vol. 3, No. 2, 2018.

Hidayati, E., Nurul F. (2022). Rekontruksi Model Integrasi Ukm Dan Lkm Ke Dalam Cita-Cita Desa Melalui Bumdesa Di Kabupaten Banyuwangi. RIBHUNA: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah Vol. 1, No. 1.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2021). Jumlah Badan Usaha Milik Desa Menurut Kabupaten Se-NTB Tahun 2020. https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-badan-usaha-milik-desa-menurut-kabupaten-se-ntb.

Fitrianto, H. (2016). Revitalisasi Kelembagaan BUMDes dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Ketahanan Desa di Jawa Timur. Jejaring Administrasi Publik, Vol. 8, No. 2, hal. 915-926.

Pytkowska, J., & Korynski, P. (2017). Digitalizing microfinance in Europe. Microfinance Centre. Access:

https://www.europeanmicrofinance.org/sites/default/files/document/file/Digitalization-research-paper.pdf

Lopes, João M., Márcio Oliveira, Jorge Lopes, and Umer Zaman. (2021). Networks, Innovation and Knowledge Transfer in Tourism Industry: An Empirical Study of SMEs in Portugal. Social Sciences 10:159. https://doi.org/10.3390/socsci10050159

Praja, F. P. A., Afwani, R., Sutoyo, E., Suryani, E., & Diswandi, D. (2023, August). Enhancing Website Design: The Implementation of Sequential Monadic Concept Testing on User Interface and User Experience Design. In 2023 International Conference on Advancement in Data Science, E-learning and Information System (ICADEIS) (pp. 1-6). IEEE.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Embun Suryani, Sarifudin, Siti Aisyah Hidayati, Muhammad Akhyar

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).