Strategi Integrasi Usaha Hulu dan Hilirisasi Perikanan dengan Pendampingan dan Teaching Technology pada UMKM Potensial di Kota Palembang
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i3.9079Diterbitkan:
2024-09-29Terbitan:
Vol 7 No 3 (2024): Juli - SeptemberKata Kunci:
aquaculture, downstream, micro business, potential, teaching technologyArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
The waters in the Palembang region of South Sumatra have enormous potential to be exploited. Various aspects related to water potential, such as economic and food, social and cultural, and tourism, have shown a positive increasing trend if managed well. One of the potential MSMEs focused on water potential, especially fisheries, is IRT Palemas-preneur. The aim of this activity is to improve partners' capabilities by optimizing regional potential, implementing product diversification, and developing markets, accompanied by appropriate and consistent assistance. Community service activities in this business unit consist of several methods, namely counseling, training, mentoring, and evaluation. The results of the activities that have been carried out are increased capabilities, reduced production costs, and increased sales to business partners.
Referensi
Utpalasari RL, Anwar S. Analisis Tanggapan Pembudidaya terhadap Kegiatan Budidaya Ikan di Kawasan Minapolitan Kecamatan Gandus Kota Palembang. Jurnal Societa. 2018 7(2): 174-179. https://jurnal.um-palembang.ac.id/
Biografi Penulis
Adli, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Donny Prariska, Adli, Nanda Syukerti, Siti Lestari, Muhammad Sumsanto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).