Sosialisasi dan Pendampingan Bumdes Menjadi TDC di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik

Penulis

Wahyunadi Wahyunadi , Yanti Rizki Sustriawati , Warmawati Warmawati , Wiwin Hidayat

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.909

Diterbitkan:

2021-09-02

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Mahadesa, BUMDES, TDC, Digitalisasi, Lombok

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wahyunadi, W., Sustriawati, Y. R., Warmawati, W., & Hidayat, W. (2021). Sosialisasi dan Pendampingan Bumdes Menjadi TDC di Desa Kumbang Kecamatan Masbagik. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.909

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program mahadesa trade and distribusi center (TDC) merupakan program unggulan yang dikembangkan oleh PT.Gerbang NTB Emas yang diharapkan mampu mengangkat produk IKM/UKM lokal agar dapat bersaing dipasar nasional dan global, sehingga memperkuat infrasturktur perekonomian didesa. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2021 di Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan sosialisasi dilakukan menggunakan metode wawancara langsung dan pengisian kuisioner melalui google form. Sehingga didapatkan 30 responden yang terdiri dari empat jenis golongan pekerjaan (Ibu rumah tangga, Petani, Pedagang, dan Pegawai). Hasil yang didapatkan dari terlaksananya program sosialisasi program Mahadesa yaitu data survey menunjukan bahwa sebagian besar warga di Desa Kumbang masih belum memahami secara detail mengenai Mahadesa yang mengakibatkan masyarakat takut untuk mengikuti program Mahadesa. Data survey mempengaruhi hasil dari data sosialiasi program Mahadesa, yang berarti jumlah masyarakat yang belum mengetahui mengenai Program Mahadesa meningkat dari data survey yang diperoleh.

Referensi

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM

Jupri, A., Prasedya, E. S., Azima, M. F., Praja, F. M. D., Rizaldy, W., Zuhal, Y. A., Laeli, S., Rohmi, H., Hadi, R. L., & Walida, N. (2021). Proyek di Desa Pendampingan Mahadesa untuk Sosialisasi TDC (Trade & Distribution Center) Desa Labuhan Haji. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1)

Sanjaya, A. K. P., Hartati, S. P. N., Premayani, W. W. N. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing Sistem. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Slamet, R., dkk (2016). Strategi Pengembangan UMKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat ISSN 1410-5675 Vol. 6, No. 2, juni 2017: 78-82.

Biografi Penulis

Wahyunadi Wahyunadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).