Pengelolaan Dan Penanggulangan Sampah Di Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Rusminah HS , Rian Sri Gede , Intan Islamiyah , Ranggit Aditya , Rimbun Ria Lestari , M. Nur Ihsan , Eka Sulis Febrianti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.910

Diterbitkan:

2021-09-01

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Pengelolaan Sampah, TPA, Zero Waste, Penanganan Sampah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

HS, R., Gede, R. S., Islamiyah, I., Aditya, R., Lestari, R. R., Ihsan, M. N., & Febrianti, E. S. (2021). Pengelolaan Dan Penanggulangan Sampah Di Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.910

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Permasalahan mengenai sampah merupakan hal lumrah yang terjadi disetiap sektor masyarakat, namun di dalam penanganannya sektor ini membutuhkan perhatian lebih besar serta ketelatenan dari berbagai pihak. Tidak hanya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan dan pengolahan sampah serta inisiatif akan hal tersebut, pemerintah disisi lain harus mampu untuk menumbuhkan kesadaran tersebut di dalam masyarakat serta memberikan fasilitas yang mumpuni di dalam menjalankan progam yang berkenaan dengan hal tersebut. Ketiadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) merupakan salah satu permasalahan krusial yang harus segera diselesaikan agar sampah-sampah dari masyarakat tidak menumpuk pada titik tertentu. Situasi ini kemudian selaras dengan kondisi lapangan pada Desa Batuyang yang berlokasi di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Ketiadaan TPA maupun Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) kemudian mendorong warga untuk membuang sampah di sungai sebagai solusi praktis. Berangkat dari hal tersebut, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Zero Waste kemudian dilakukan sebagai salah satu wujud peran mahasiswa dalam menangani permasalahan di lapangan. Adapula solusi yang dihasilkan diantaranya ialah menjalin kerjasama dengan TPA terdekat dengan melibatkan pemuda setempat dalam kegiatan pengangkutan sampah serta pengolahan sampah organic dan non-organik dengan luaran produk berupa kompos, hydroponik dan ecobrik.

Referensi

Siti sundari rangkuti. Hukum lingkungan dan kebijaksanaan lingkungan Nasional,

Airlangga university press surabaya, 2015:edisi keempat.

Antico, F.C.,Wiener, M.J.,Araya-letelier,G,.& Gonzales retamal,R. (2018). Eco-bricks

; a sustainable subtitute for construction materials. Revista de la construction Ecobricks

(2015). panduan visi ecobrik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/30/155650176/cara-membuat-wadah-tanaman-hidroponik-dari-botol-bekas?page=all#page2.

Biografi Penulis

Rusminah HS, universitas mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).