Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi Ternak Dari Ampas Tempe Pada Kelompok Ternak Dusun Montong Obok Desa Jelantik Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Hasyim , Rohani , I Dewa Made Alit Karyawan , I D G Jaya Negara , I Wayan Yasa , Humairo Saidah , Made Mahendra , I Wayan Suteja , Salehudin , Ratna Yuniarti

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9141

Diterbitkan:

2024-09-05

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Fermentasi, Pakan Ternak, Limbah Tempe.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hasyim, Rohani, Karyawan, I. D. M. A., Negara, I. D. G. J., Yasa, I. W., Saidah, H., … Yuniarti, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi Ternak Dari Ampas Tempe Pada Kelompok Ternak Dusun Montong Obok Desa Jelantik Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 956–960. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9141

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pelaksanaan pengabdian bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati terhadap berbagai permasalahan yang ada dilingkungan Masyarakat dan juga mewujudkan salah satu implementasi Tridharma perguruan tinggi yaitu berupa pemberdayaan Masyarakat. Desa Jelantik mempunyai limbah perternakan yang belum dimanfaatkan secara optimal bagi para peternak yang memiliki ternak, karena limbahnya tidak diolah dengan baik akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pembuatan pakan ternak fermentasi dari ampas tempe, program ini dapat menjadi platform yang sangat relevan untuk menerapkan inovasi dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa, serta menjawab masalah isu social ekonomi di wilayah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 Januari 2024 di Dusun Montong Obok, Desa Jelantik, Kabupaten Lombok Tengah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah anggota Kelompok Ternak Dusun Montong Obok. Metode yang digunakan sosialisasi, pelatihan secara teori dan praktek, serta pendampingan dalam pembuatan pakan fermentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pakan fermentasi sangat berguna untuk mengatasi pakan ternak utama pada musim kemarau. Hasil pakan fermentasi sudah sesuai dengan mutu fermentasi yang baik, yaitu tekstur tidak berubah, tidak menggumpal, warna seperti warna aslinya dan beraroma seperti aroma tape. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Kelompok Ternak Dusun Montong Obok tergerak untuk mencoba membuat pakan  fermentasi ini dan mampu membuatnya sebagai pakan alternatif bagi para peternak. Kegiatan program pengabdian secara keseluruhan dapat dikatakan baik dan berhasil, berdasarkan pengukuran tiga komponen. Tiga komponen tersebut yaitu kesesuaian dengan keinginan masyarakat, kerjasama pengabdian bersama masyarakat, dan Peningkatan pengetahuan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Referensi

Anisah, Z., Fatimah, S., Aziz, R. A., Anam, M., & Fata, K. (2021).Pendampingan Pengolahan Pakan Ternak Melalui Fermentasi di Desa Sidorejo Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban: Pengabdian Berbasis Participatory Action Research. I-Com: Indonesian Community Journal, 1(1), 41–51.

Bintari, I. G., & Riyanto, B. (2020). Peningkatan Kompetensi Peternak Terhadap Penanganan. 19, 296–301.

Kusmiah, N., Mahmud, A. T. B. A., & Darmawan, A. (2021). Pakan Fermentasi sebagai Solusi Penyediaan Pakan Ternak di Musim Kemarau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 32–36.

Mauludyani, A. R. V., Pratinda, W. N. S. A., Ramdan, A. M., Yusuf, A. M., Ipangka, I., Sulaeman, M. S., Maulana, R., Azhar, S. S., Lestari, S., Supiandi, U., & Palisu, V. H. (2020). Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi di Desa Muaradua Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat, 2(November), 11–19.

Prasetyo, T. B. (2019). Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (Silase). SWADAYA: Indonesian Journal of Community Empowerment, 1(1),

–54.

Septian, M. H., Hidayah, N., & Rahayu, A. (2020). Penyuluhan Pembuatan Pakan Lengkap Terfermentasi untuk Mengurangi Intensitas Ngarit di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Media Kontak Tani Ternak, 2(3), 39.

Sukajaya, D., Selatan, K. S., & Sumedang, K. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanaman Dalam Upaya Meningkatkan Taraf Hidup di Dusun Cihuni ,. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(75), 148–164.

Sukmawati, & Kusmiah, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Pembuatan Pakan Fermentasi Di Desa Bumimulyo Kecamatan Wonomulyo. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 146–152.

Ichtiakhiri, T. ., & Sudarmaji.(2015). Pengelolaan Limbah B3 dan Keluhan Kesehatan Pekerja di PT. Inka (Persero) Kota Nasional Surabaya. Kimia. Jurnal lingkungan kesehatan 8(1), 118 12.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Hasyim, Rohani, I Dewa Made Alit Karyawan, I D G Jaya Negara, I Wayan Yasa, Humairo Saidah, Made Mahendra, I Wayan Suteja, Salehudin, Ratna Yuniarti

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).