Penyuluhan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Biopreneurship untuk Siswa SMP Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

Penulis

I Putu Artayasa , I Wayan Merta , AA. Sukarso , Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9148

Diterbitkan:

2024-09-15

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

bahan ajar;, biopreneurship, mandalika, pembelajaran berbasis proyek

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Artayasa, I. P., Merta, I. W., Sukarso, A., & Kusuma, A. S. H. M. (2024). Penyuluhan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Biopreneurship untuk Siswa SMP Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 997–1003. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9148

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengembangan bahan ajar yang relevan dengan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika masih minim dilakukan di KEK Mandalika. Bahan ajar yang telah digunakan berupa buku paket yang disediakan oleh sekolah, namun bahan ajar yang memfasilitasi siswa belajar secara mandiri dan berorientasi pada pengembangan kewirausahaan belum tersedia. Tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan guru mengembangkan bahan ajar berbasis proyek biopreneurship. Pengabdian masyarakat dilakukan di SMPN 1 Pujut sebagai sampel SMP di KEK Mandalika Lombok dengan tahapan kegiatan mulai dari persiapan, pra-pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan di sekolah mitra, dilakukan penyuluhan pengembangan bahan ajar berbasis proyek biopreneurship. Pelaksanaan penyuluhan dilakukan bulan Agustus 2024, diikuti oleh 20 orang guru SMPN 1 dan SMPN 7 Pujut. Metode pelaksanaan pengabdian adalah ceramah, demonstrasi, dan diskusi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru sekolah mitra sebelumnya menggunakan buku cetak yang disediakan sekolah, namun buku tersebut belum sepenuhnya relevan dengan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terutama pada tema kewirausahaan sehingga guru harus menambahkan sumber bacaan lainnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan guru pengetahuan tentang tahapan pengembangan bahan ajar IPA berbasis proyek biopreneurship yang mendukung penerapan kegiatan P5 Kurikulum Merdeka. Kesimpulannya adalah pelaksanaan pengabdian memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pengetahuan guru membuat bahan ajar IPA berbasis proyek biopreneurship yang relevan dengan kegiatan P5 pada tema gotong royong, berpikir kritis, kreatif dan kewirausahaan.

Referensi

Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Almuna, M., Thaief, I., Said, M. I., Dinar, M., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 4 Enrekang. Indonesian Journal of Social and Educational Studies Vol, 1(2).

Aqil, D. I., Hudaya, A., & Wulansari, L. (2020). Learning innovation through biopreneurship to improve the interest of entrepreneurs of madrasah aliyah students based on boarding school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 47-54. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13605

Artayasa, I P., Muhlis, Merta, I W. & Hadiprayitno, G. (2022). Penyuluhan Pelaksanaan Lesson Study di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 217-222. DOI: 10.29303/jpmpi.v5i4.2525

Data Dikdasmen. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Sebagai Pemulihan Pembelajaran. Diperoleh dari: https://www.datadikdasmen.com/2022/07/modul-p5-fase-e.html

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). They Systematic Design of Instruction, Seventh Edition. New Jersey Columbs: Pearson.

Gibb, A. (2002). In pursuit of a new ‘enterprise’and ‘entrepreneurship’paradigm for learning: creative destruction, new values, new ways of doing things and new combinations of knowledge. International journal of management reviews, 4(3), 233-269. https://doi.org/10.1111/1468-2370.00086

Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Lynch, M., Kamovich, U., Longva, K. K., & Steinert, M. (2021). Combining technology and entrepreneurial education through design thinking: Students' reflections on the learning process. Technological Forecasting and Social Change, 164, 119689. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.06.015

Mahendra, Y. I. (2020). Dampak Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK) Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kuta Lombok Tengah Di Tinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econopica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis, 2(2), 13-21.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Pardo-Garcia, C., & Barac, M. (2020). Promoting employability in higher education: A case study on boosting entrepreneurship skills. Sustainability, 12(10), 4004. https://doi.org/10.3390/su12104004

Prihatiningrum, P., Susilowati, S. M. E., & Prasetyo, A. P. B. (2020). Effect of Bioentrepreneurship on Biology Learning Achievement, Creativity, and Entrepreneurial Interest. Journal of Innovative Science Education, 9(3), 250-259. https://doi.org/10.15294/jise.v8i3.35383

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Artikel.(Online) http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf.

Romarina, A. (2016). Economic Resilience Pada Industri Kreatif Guna Menghadapi Globalisasi Dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmu Sosial, 15(1), 35-52.

Shi, Y., Yuan, T., Bell, R., & Wang, J. (2020). Investigating the relationship between creativity and entrepreneurial intention: the moderating role of creativity in the theory of planned behavior. Frontiers in Psychology, 11, 1209. doi: 10.3389/fpsyg.2020.01209.

Suardani, M. (2021). Media Lingkungan Sekitar dalam Pengembangan Minat Belajar anak. Tematik, 7(1), 44-51.

Sufyadi , S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan engembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Sumaraw, S. (2015). Pentingnya Pendampingan Untuk Meningkatkan Kompetensi, Diperoleh dari (https://manadopostonline.com/read/2016/07/11/Pentingnya-Pendampingan-untuk-Meningkatkan-Kompetensi/15232).

Trisnawati, N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan dukungan sosial keluarga pada minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Pamekasan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(1), 57-71.

Wardana, L. W., Martha, J. A., Wati, A. P., Narmaditya, B. S., Setyawati, A., Maula, F. I., … Suparno. (2024). Does entrepreneurial self-efficacy really matter for entrepreneurial intention? Lesson from covid-19. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2317231

Wardhani, I. Y., Amanda, S. M., & Kusuma, A. R. (2020). Bioentrepreneurship sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan alternatif bisnis di masa pandemi. Journal Of Biology Education, 3(2), 99-109.

Winarti, P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kewirausahaan untuk Menguatkan Soft skill Siswa. saintifika, 16(2).

Zohri, L. H. N., Jufri, A. W., Sedijani, P., Artayasa, I. P., & Syukur, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Next Generation Science Standard (NGSS) Terintegrasi Game Discovery untuk Melatih Literasi Sains dan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1496-1511.

Biografi Penulis

I Putu Artayasa

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unram, Lektor Kepala

I Wayan Merta, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 I Putu Artayasa, I Wayan Merta, AA. Sukarso, Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).