Sosialisasi Pencegahan Stunting Dan Gizi Buruk Pada Masyarakat Pesisir Desa Cendi Manik, Sekotong, Lombok Barat

Penulis

Eni Suyantri , Baiq Sri Handayani , Tri Ayu Lestari , Heru Setiawan , Ramdani Kurniawan , X.Zardht Alex Hidayat , Sri Aprilia Nur Larasati , Safariyanti Manisa , Harsa Naunik Qudraty , Putu Linda Agustini , Lia Umami , Rena Purnamawati , Hasita Pebrianti , Dian Dwi Permatasari

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9152

Diterbitkan:

2024-09-13

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Stunting; Gizi Buruk; Masyarakat Pesisir

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suyantri, E., Handayani, B. S., Lestari, T. A., Setiawan, H., Kurniawan, R., Hidayat, X. A., … Permatasari, D. D. (2024). Sosialisasi Pencegahan Stunting Dan Gizi Buruk Pada Masyarakat Pesisir Desa Cendi Manik, Sekotong, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 968–974. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9152

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Stunting dan gizi buruk merupakan permasalahan yang masih harus diselesaikan di Pulau Lombok. Diperlukan sinergi antar lembaga dan instansi untuk mengatasi permasalahan stunting dan gizi buruk. Kalangan akademisi, dosen dan mahasiswa adalah salah satunya. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Tim Studi Independent melaksanakan sosialisasi pencegahan stunting dan gizi buruk kepada masyarakat pesisir Desa Cendi Manik Sekotong Lombok Barat. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Cendi Manik akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang dan kebersihan lingkungan dalam upaya pencegahan stunting dan gizi buruk. Sosialisasi diberikan kepada ibu-ibu wali murid PAUD Permata Hati Desa Cendi Manik yang disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi. Materi sosialisasi yang disampaikan yaitu terkait Pola Asuh Anak Usia Dini, Pola Makan yang Baik melalui slogan Isi Piringku serta pentingnya Air, Sanitasi dan Kebersihan. Selain kegiatan sosialisasi tersebut, diselenggarakan juga Lomba Mewarnai yang diikuti oleh seluruh murid PAUD Permata Hati yang bertujuan untuk mengenalkan makanan sehat berupa sayuran dan buah-buahan. Baik wali murid maupun murid PAUD Permata Hati mengikuti kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dengan antusias.

Referensi

Asmawati, Ambar Sari, D., Ihromi, S., Nurhayati, Pacitra, S., Danela Luthfiah, T., & Rizal, H. (2021). Cegah Stunting Dan Gizi Buruk Pada Balita Dengan Edukasi Gizi Bagi Tumbuh Kembang Anak Di Desa Banyumulek Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat (JADM), 2(2), 7–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jadm

Eliska, Harahap, R. A., Agustina, D. 2021. Gizi Masyarakat Pesisir. Medan. Merdeka Kreasi.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Pola Asuh Anak Usia 29 hari – 6 Tahun. Diakses melalui https://ayosehat.kemkes.go.id/flyer-2016--anak-usia-29-6tahun15x21cm. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Diakses melalui https://dinkesjatengprov.go.id/v2018/storage/2019/09/Hasil-Riskesdas-2018-1.pdf. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2022. Isi Piringku: Pedoman Makan Kekinian Orang Indonesia. Diakes melalui https://ayosehat.kemkes.go.id/isi-piringku-pedoman-makan-kekinian-orang-indonesia. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

Lestari, T. R. P., 2023. Stunting di Indonesia: Akar Masalah dan Solusinya. Bidang Kajian Kesejahteraan Rakyat. Pusat Analisis Kepalemenan Badan Keahlian DPR RI. Vol. XV, No. 14/II/Pusaka/Juli/2023.

Schmidt dan Charles, W. 2014. Beyond Malnutrition: The Role Of Sanitation In Stunted Growth. Environmental Health Perspectives. 122 (11): A298.

UNICEF., WHO., dan World Bank Group. (2017). Levels and Trends In Child Malnutrition. Diakses melalui https://data.unicef.org/wpcontent/uploads/2017/05/JME-2017-brochure-1.pdf. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

UNICEF. Tanpa tahun Air, Sanitasi dan Kebersihan (WASH). Diakses melalui https://www.unicef.org/indonesia/id/air-sanitasi-dan-kebersihan-wash. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

WHO. 2012. Resolution WHA65.6. Maternal, infant and young child nutrition. In: Sixty-fifth World Health Assembly, Geneva, 21–26 May. Resolutions and decisions, annexes. World Health Organization: Geneva.

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. 2019. Pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273-282.

Biografi Penulis

Eni Suyantri, Universitas Mataram

Tri Ayu Lestari, Universitas Mataram

Ramdani Kurniawan, Universitas Mataram

X.Zardht Alex Hidayat, Universitas Mataram

Sri Aprilia Nur Larasati, Universitas Mataram

Safariyanti Manisa, Universitas Mataram

Harsa Naunik Qudraty, Universitas Mataram

Putu Linda Agustini, Universitas Mataram

Lia Umami, Universitas Mataram

Rena Purnamawati, Universitas Mataram

Hasita Pebrianti, Universitas Mataram

Dian Dwi Permatasari, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Eni Suyantri, Baiq Sri Handayani, Tri Ayu Lestari, Heru Setiawan, Ramdani Kurniawan, X.Zardht Alex Hidayat, Sri Aprilia Nur Larasati, Safariyanti Manisa, Harsa Naunik Qudraty, Putu Linda Agustini, Lia Umami, Rena Purnamawati, Hasita Pebrianti, Dian Dwi Permatasari

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).