Memperkenalkan Psychogame© sebagai Media Literasi Kesehatan Mental Remaja
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9157Diterbitkan:
2024-11-07Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
psychogame, literasi kesehatan mental, remaja, pengabdian masyarakatArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Masalah kesehatan mental remaja menjadi perhatian penting belakangan ini. Upaya meningkatkan literasi kesehatan mental merupakan strategi penting untuk mencegah munculnya gangguan mental emosional pada remaja. Berbagai metode promosi kesehatan mental telah dikembangkan, salah satunya berupa Psychogame© yang dirancang secara khusus sebagai alat permainan edukasi mengenai kesehatan mental. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memperkenalkan Psychogame© kepada sejumlah remaja berusia 11-15 tahun dengan hasil mendapatkan umpan balik positif dan penerimaan yang sangat baik. Psychogame© efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja terkait kesehatan mental melalui pendekatan yang menarik dan interaktif. Instrumen inovatif ini perlu diperkenalkan lebih luas kepada remaja dengan berbagai latar belakang dan rentang usia sebagai media literasi kesehatan mental.
Referensi
Brooks, H., Syarif, A. K., Pedley, R., Irmansyah, I., Prawira, B., Lovell, K., et al. 2021. Improving mental health literacy among young people aged 11-15 years in Java, Indonesia: the co-development of a culturally-appropriate, user-centred resource (The IMPeTUs Intervention). CAPMH (1),15,56.
Center for Reproductive Health, University of Queensland, & Johns Bloomberg Hopkins School of Public Health. 2022. Indonesia – National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pusat Kesehatan Reproduksi
Dhamayanti, M., Asmara, A. 2017. Remaja: Kesehatan dan Permasalahannya. Jakarta: Penerbit IDAI
Erskine, H. E., Baxter, A. J., Patton, G., Mofftt, T. E., Patel, V., Whiteford, et al. 2017. The global coverage of prevalence data for mental disorders in children and adolescents. Epid Psy Sci. (4),3,395-402
Heeter, C., Chu, K., Maniar, A., Winn, B., Mishra, P., Egio, R., 2004. Comparing 14 plus 2 forms of Fun in Commercial Versus Educational Space Exploration Digital Games. DIGRA (Digital Games Research Association), Utrecht, Netherlands
Jaycox, L. H., Stein, B. D., Paddock, S., Miles, J. N., Chandra, A., Meredith, L. S., et al. 2019. Impact of Teen Depression on Academic, Social, and Physical Functioning, Pediatrics (4),124,596–605
Kaligis F, Ismail RI, Wiguna T, Prasetyo S, Indriatmi Gunardi H, et al. 2022. Translation, Validity, and Reliability of Mental Health Literacy and Help-Seeking Behavior Questionnaires in Indonesia. Front Psychiatr. 2,764-6.
Karuniawaty, TP. 2024. Pengembangan Alat Permainan Edukatif untuk Deteksi dan Promosi Kesehatan Mental Remaja Berbasis Sekolah. Tesis. Program Studi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak FKKMK UGM. Yogyakarta.
National Center for School Mental Health. 2020. School Mental Health Quality Guide: Screening. NCSMH, University of Maryland School of Medicine
Riset Kesehatan Dasar. 2018.
Tongue, B. 2007. Common child and adolescent psychiatric problems and their management in the community. Aust Fam Physic 19,1388-91
Wiguna, T., Manengkei PSK., Pamela C;, Rheza AM., Hapsari WA. 2010. ‘Masalah emosi dan perilaku anak dan remaja di poliklinik anak dan remaja RSUPN dr Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta’. Sari Pediatr 12(4):270-7
Wiguna, T., Anindyajati, G., Kaligis, F., Ismail, R. I., Minayati, K., Hanaf, E., et al. 2020. Brief Research Report on Adolescent Mental Well-Being and School Closures During the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Front. Psychiatr 11,598756.
World Health Organization. Regional Office for the Eastern Mediterranean. 2021. Mental health in schools: a manual. Cairo
Yuliandari E., Elisabeth M.P., Dianovinina K., Yunanto T.A.R., Rasyida A. 2019. Kesehatan Mental Anak.Yogyakarta: Graha Ilmu
Biografi Penulis
Titi Pambudi Karuniawaty, Faculty of Medicine and Health Sciences, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Titi Pambudi Karuniawaty, Adnanto Wiweko, Nurul Imaniaty, Nadhira Asmazulfa Wiweko
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).