Pendampingan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya di SMA KORPRI Banjarmasin

Penulis

Fitria Rizkiana , Emilda Prasiska , Herlina Apriani , Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9160

Diterbitkan:

2024-12-25

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

public speaking, bangunlah jiwa dan raganya

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rizkiana, F., Prasiska, E., Apriani, H., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2024). Pendampingan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1864–1869. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9160

Metrik

Jumlah akses PDF
51
Dec 25 '24Dec 28 '24Dec 31 '24Jan 01 '25Jan 04 '25Jan 07 '25Jan 10 '25Jan 13 '25Jan 16 '25Jan 19 '25Jan 22 '254.0
|

Abstrak

Harus disadari bahwa komunikasi adalah salah satu cara manusia untuk menyampaikan ide dan berkolaborasi. Berani dan terampil berbicara harus dimiliki oleh setiap individu, tanpa terkecuali para peserta didik yang sedang menimba ilmu di sekolah. Peserta didik yang tidak terampil berbicara akan kesulitan bekerjasama dengan peserta didik lain. Padahal banyak kegiatan di sekolah yang memerlukan keterampilan ini, seperti dalam kegiatan diskusi, rapat, presentasi dan sebagainya. Peserta didik yang kurang terampil berbicara cenderung tidak percaya diri dalam menyampaikan ide atau gagasannya. Secara tidak langsung, hal ini juga akan menghambat peserta didik dalam berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMA KORPRI Banjarmasin dengan sasaran peserta didik berjumlah 20 orang. Kegiatan berlangsung ± 3 bulan dengan jumlah pertemuan sebanyak 5 kali. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan diketahui bahwa sebagian besar peserta didik dapat merasakan manfaat dari pendampingan yang sudah diberikan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbicara di depan umum.  

Referensi

Guvendir, E., Kocabiyik, O. O., & Dundar, S. (2020). The Influence of Counsellor Trainee Support on Public Speaking and Foreign Language Speaking Anxienty in the Class Setting. International Journal of Psychology and Educational Studies, 7(1), 11-26. doi:http://dx.doi.org/10.17220/ijpes.2020.01.002

Novakovic, N., & Teodosijevic, B. (2017). Basics of Public Speaking. Journal of Economics, Management and Informatics, 8(2), 33-46.

Nurhariza, F. M., Mumtahanah, R., & Nasichah. (2023). Peran Psikologi Komunikasi dalam Membantu Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 167-172.

Raja, F. (2017). Anxiety Level in Student of Public Speaking: Causes and Remedies. Journal of Education and Educational Development, 4(1), 94-110.

Zainal, A. G. (2021). Public Speaking Cerdas Saat Berbicara di Depan Umum. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Zhang, X., & Ardasheva, Y. (2019). Sources of College EFL Learners' Self-Efficacy in the English Public Speaking Domain. English for Specific Purposes, 53, 47-59.

Biografi Penulis

Emilda Prasiska, universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari banjarmasin

Herlina Apriani, universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari banjarmasin

Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani, universitas islam kalimantan muhammad arsyad al banjari banjarmasin

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Fitria Rizkiana, Emilda Prasiska, Herlina Apriani, Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).