Inisiasi Bank Pakan melalui Pelatihan Budidaya Hijauan Alternatif dan Pembuatan Silase Bagi Kelompok Ternak Raung Mandiri di Desa Jambearum

Penulis

Vega Kartika Sari , Desy Cahya Widianingrum , Roni Yulianto , Syahrul Steven , Basuki , M.Iqbal Krisna Hadi Suryono , Rio Tito Andreano

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9192

Diterbitkan:

2024-09-25

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Pelatihan, Budidaya, Hijauan alternatif, Silase

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sari, V. K., Widianingrum, D. C., Yulianto, R., Steven, S., Basuki, B., Suryono, M. I. K. H., & Andreano, R. T. (2024). Inisiasi Bank Pakan melalui Pelatihan Budidaya Hijauan Alternatif dan Pembuatan Silase Bagi Kelompok Ternak Raung Mandiri di Desa Jambearum . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1036–1040. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9192

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kecamatan Sumberjambe merupakan salah satu sentra peternakan di Kabupaten Jember. Kelompok Ternak Raung Mandiri di Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe yang diresmikan pada akhir tahun 2023 ini sudah memiliki 300 ekor domba. Permasalahan yang dihadapi adalah anggota kelompok ternak tidak mengetahui alternatif jenis hijauan, cara perbanyakan dan cara pembuatan silase. Selama ini makanan diperoleh dengan mencari rumput di hutan atau di sawah setiap hari, sehingga terhambat saat musim hujan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan alternatif jenis hijauan, cara budidaya dan pembuatan silase dalam rangka inisiasi Bank Pakan. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan antara lain sosialisasi dan pelatihan yang melibatkan peserta untuk berperan aktif dalam kegiatan yang langsung praktek. Hasil kegiatan menunjukkan peserta mendapatkan pengetahuan mengenai jenis hijauan alternatif selain babandotan dan rumput gajah. Peserta mampu memperbanyak, menyemai dan menanam bibit hijauan. Dukungan masukan untuk inisiasi Bank Pakan telah diserahkan dalam bentuk mesin pencacah dan bibit hijauan.

Referensi

Abdullah, L. (2014). Prospektif Agronomi dan Ekofisiologi Indigofera zollingeriana sebagai Tanaman Penghasil Hijauan Pakan Berkualitas Tinggi. Pastura 3:79–83.

Basuki, B., Sari, V. K., & Rahayu, Y. D. (2024). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Petrokatul dan Peningkatan Literasi Digital bagi Poktan Tani Setia Desa Jambearum. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 5(1), 65-72.

Basuki., Farisi, O. A., Sari, V. K., Mandala, M., Utami, R. A., Ristiyana, S., Destiawan, H. A., Safitri, U. D., Susanto, D. A., Isnanto, B. A. A., & Kessumowati, D. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Pestisida Berbahan Aktif Sulfur Sebagai Bahan Serbaguna Penyelesaian Permasalahan Petani Desa Slateng, Ledokombo, Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2)

Dirgantara, Y., A’yun, L. Q., Sari, B. P., Shidqi, N. F., Hasanah, L., Firmansyah, N. R., ... & Sari, V. K. (2024). Pengembangan Kelas Edukasi di Gubuk Pustaka Ndalung Desa Ajung Kabupaten Jember. AKSILAR: Akselerasi Luaran Pengabdian Masyarakat, 1(2), 39-45.

Erdiansyah, I., Eliyatiningsih,E., Nurahmanto, D., Sari, V.K. (2020). Pembibitan Tanaman Herbal di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Selaparang 4(1): 264-267

Hudori, A.H., H. Rujito, Muksin, F.E.A. Pratama & P. Andini. (2020). Formulasi Ransum Alternatif untuk Meningkatkan Efisiensi Usaha Peternakan Sapi Perah (Studi Kasus pada Peternakan Bestcow Farm Jember). Jurnal Ilmu Peternakan. 3(2): 67-73

Kabupaten Jember dalam angka 2021. (2021). Jember: BPS Kabupaten Jember.

Mayasari, N., Lia, B. M. S, & Endang, Y. (2018). Identifikasi biomarker patofisiologi: Penggunaan Mineral Anorganik dan Indigofera zollingerana untuk Peningkatan Produktivitas, Reproduksi dan Kekebalan Alami Sapi Perah. Laporan Akhir Riset Kompetensi Dosen Unggulan Universitas Padjadjaran

Nadir, M., M.J. Anugrah, & P.I. Khaerani. (2018). Salt Salinity Tolerance on Nursery of Indigofera zollingeriana Salt Salinity Tolerance on Nursery of Indigofera zollingeriana. IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci. 156. doi:10.1088/1755- 1315/156/1/012027.

Sari, V. K., Mandala, M., Basuki, & Utami, R. A. (2023). Pengembangan Pertanian Terpadu di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember melalui Pengkayaan Pupuk Organik dengan Mikroba Fungsional. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 20-24.

Sari, V. K., Husnawati, A. M., Oktavia, D. J., Arista, I. D., Siswanti, P. A., Windari, K. L., ... & Haryanto, W. (2023). Sosialisasi Manfaat Tanaman Toga dan Pendampingan Praktek Budidaya Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung, Jember. PAPUMA: Journal of Community Services, 1(1): 17-22.

Tarigan, A., & Ginting, S. P. (2011). Pengaruh taraf pemberian Indigofera sp. terhadap konsumsi dan kecernaan pakan serta pertambahan bobot hidup kambing yang diberi rumput Brachiaria ruziziensis. JITV, 16. 25-32.

Biografi Penulis

Vega Kartika Sari

Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Desy Cahya Widianingrum, Universitas Jember

Roni Yulianto, Universitas Jember

Syahrul Steven, Universitas Jember

Basuki, Universitas Jember

M.Iqbal Krisna Hadi Suryono, Universitas Jember

Rio Tito Andreano, Universitas Jember

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Vega Kartika Sari, Desy Cahya Widianingrum, Roni Yulianto, Syahrul Steven, Basuki, M.Iqbal Krisna Hadi Suryono, Rio Tito Andreano

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).