Sosialisasi Majalah Kimia ChemMag Tentang Konsep-Konsep Kimia Pada Pembuatan Gula Tebu Sebagai Suplemen Bacaan Siswa SMA

Penulis

Rahmawati Rahmawati , Burhanudin Burhanudin , I Nyoman Loka , B. Fara Dwirani Sofia , Syarifa Wahidah Al Idrus , Sunniarti Ariani , Hawariani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9202

Diterbitkan:

2024-09-29

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Majalah Kimia, Konsep Kimia, Pembuatan Gula

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rahmawati, R., Burhanudin, B., Loka, I. N., Sofia, B. F. D., Al Idrus, S. W., Ariani, S., & Hawariani. (2024). Sosialisasi Majalah Kimia ChemMag Tentang Konsep-Konsep Kimia Pada Pembuatan Gula Tebu Sebagai Suplemen Bacaan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1150–1155. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9202

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan media pembelajaran ChemMag tentang konsep-konsep kimia dalam pembuatan gula tebu sebagai bahan bacaan tambahan untuk siswa SMA. Responden dari kegiatan ini adalah guru kimia dan siswa SMAN 2 Mataram. Kegiatan ini terdiri dari tahap observasi awal, perencanaan, pelaksanaan pengabdian, dan evaluasi kegiatan. Evaluasi kegiatan menggunakan angket untuk menilai kepraktisan media  ChemMag dan respon peserta terhadap media ChemMag dan kegiatan pengabdian. Kepraktisan untuk semua komponen ChemMag dengan nilai 81%, yang menunjukkan bahwa ChemMag sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil angket respon terhadap kegiatan pengabdian menunjukkan sebanyak 67% responden tertarik mengikuti kegiatan pengabdian ini bahkan 15% responden sangat tertarik. Sebesar 81% responden lebih tertarik mempelajari ilmu kimia dan penerapannya setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini, dan 94% responden menyatakan pemateri menyampaikan materi kegiatan dengan jelas dan mudah dimengerti oleh peserta. Menurut 97% responden anggota yang terlibat dalam kegiatan pengabdian memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta. Seluruh responden berpendapat bahwa materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan meambah pengetahuan kimia mereka dan kegiatan pengabdian yang diselenggarakan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang ilmu kimia. Responden berpendapat bahwa media ChemMag  sangat relevan dengan pembelajaran kimia di masa sekarang yang menerapkan kurikulum merdeka.

Referensi

Deapati A. M, Auliah, A., Hardin. (2021). Pengembangan E-Magazine reaksi Reduksi dan Oksidasi Sebagai Media Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia. Vol 3 (2).

Kustandi, C. dan Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Leli I., Juniyah. (2014). Pertumbuhan Setek Tanaman Tebu (Saccharum Officinarum L.) Pada Berbagai Konsentrasi Larutan Pupuk Organik Cair.

Melykhatun, Rizka Ayu. 2019. Pengembangan Media Chemo-Edutainment (CET). Berbasis Intertekstual sebagai media pembelajaran kimia SMA kelas XI materi Hidrokarbon. Journal of Chemistry In Education. Vol 8 (2).

Nur, D., Mangara, S., Nurhayati, B. (2016). Identifikasi Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Persamaan Reaksi dan Perhitungan Kimia Menggunakan Three-Tier Multiple Choice diagnostic Instrument. Jurnal Entropi. Vol 11(1)

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. Vol 5(1).

Rahmawati, R., Sofia, B. F. D., Loka, I. N., Muntari, M., & Burhanuddin, B. (2024). Pengenalan Media ChemMag Bertema Etnokimia Lokal Sebagai Bahan Bacaan Tambahan pada Pembelajaran Kimia Bagi Siswa SMA/MA. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 3(1), 1-6.

Rahmawati, R., Loka, I. N. L., Al-Idrus, S. W., & Junaidi, E. (2023). Majalah Kimia Berbasis Kemosensor Terintegrasi Praktikum Sebagai Bahan Bacaan Untuk Siswa SMA IPA. Prosiding SAINTEK, 5, 120-125.

Sanova, A., Bakar, A., Kimia, P. P., & Jambi, U. (2021). Pendekatan Etnosains Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga The Use Of Ethnoscience Approach Through Problem Based Learning. 9(2), 105–110.

Utami, R. A. & Muhtadi, A. (2020). TPACK-Based E-Book for Learning Chemistry in Senior High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 440(ICOBL 2019), 166-168.

Yuliyanto, E., & Rohaeti, E. (2013). Pengembangan majalah kimia untuk meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas peserta didik kelas X SMA N 1 Mlati. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 1(1), 1-15.

Biografi Penulis

Rahmawati Rahmawati, Universitas Mataram

Sunniarti Ariani, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Rahmawati Rahmawati, Burhanudin Burhanudin, I Nyoman Loka, B. Fara Dwirani Sofia, Syarifa Wahidah Al Idrus, Sunniarti Ariani, Hawariani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).