KKN Era New Normal Aktifasi Website SID dan Penanganan Masalah Administrasi Data Penduduk Desa Labuhan Haji

Penulis

Ahmad Jupri , Eka S Prasedya , Tapaul Rozi , Ahdiat Aunul Hipzi , Harun Abdat

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.923

Diterbitkan:

2021-09-04

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

kkn tematik, new normal, SID

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Prasedya, E. S., Rozi, T., Hipzi, A. A., & Abdat, H. (2021). KKN Era New Normal Aktifasi Website SID dan Penanganan Masalah Administrasi Data Penduduk Desa Labuhan Haji. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.923

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program KKN Tematik di Era New Normal merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dipadukan pelaksanaan manajemen dan waktunya dengan kegiatan yang selalu memperhatikan protokol kesehatan disetiap kegiatan. Program kerja utama dalam KKN bertema Desa Digital ini adalah menangani permasalahan yang terjadi pada pengelolaan administrasi data desa dan pelayanan berupa penyebaran informasi tentang desa kepada para penduduk desa Labuan Haji. Dalam penyebaran informasi tersebut dilakukan pengaktivasian sebuah website open SID yang sebelumnya sudah dikativasi namun sekarang sudah mati karena kurangnya pe ngelolaan dari staff desa.

Referensi

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian- Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, Abdurrahman. 2006. Organisasi Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rineka Cipta

Mason, J. 2002. Qualitative Researching (2nd Edition), Sage Publication, London.

Merriam, S.B. 2015. Introduction to Qualitative Research and Case Study. San Francisco, Josey-Bass Inc.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: AIfabeta

Biografi Penulis

Ahmad Jupri, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).