Pembuatan Yogurt Susu Sapi Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Fungsional Susu, Gizi Masyarakat dan Pendapatan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Penulis

Siti Rahmawati Zulaikhah , Arif Harnowo Sidhi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.924

Diterbitkan:

2021-09-22

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Pembuatan Yogurt, ibu-ibu PKK, Gizi Keluarga, Pendapatan Keluarga

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zulaikhah, S. R., & Sidhi, A. H. (2021). Pembuatan Yogurt Susu Sapi Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Fungsional Susu, Gizi Masyarakat dan Pendapatan Rumah Tangga di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.924

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Wilayah RT 04/ RW 05 Kelurahan Sumampir adalah salah satu wilayah padat penduduk di Kota Purwokerto  yang terletak disebelah utara berdekatan dengan daerah Baturaden. Kondisi ekonomi sangat beragam dari golongan  menengah ke bawah, kegiatan ibu-ibu PKK juga beragam ada yang murni sebagai ibu rumah tangga sehingga banyak waktu luang, dan ada yang mencari penghasilan tambahan dengan bekerja di luar.  Kondisi seperti ini menjadikan alasan untuk melaksanakan PKM di wilayah tersebut sehingga, masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan tentang gizi keluarga terutama tentang olahan susu menjadi pangan fungsional dan pengetahuan tentang kewirausahaan. Hasil analisis dan evaluasi dari pelaksanaan kegiatan PKM ini  adalah bahwasanya pembuatan yogurt merupakan salah satu tema yang dibutuhkan oleh ibu-ibu PKK dalam rangka menambah pengetahuan mengenai gizi keluarga dan aneka olahan susu yang bernilai fungsional tinggi, serta menjadi wacana untuk wirausaha dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.

Referensi

Anindita, N. S., dan D. S. Soyi, 2017. Studi kasus: Pengawasan Kualitas Pangan Hewani melalui Pengujian Kualitas Susu Sapi yang Beredar di Kota Yogyakarta. Jurnal Peternakan Indonesia, Juni 2017, Vol. 19 (2): 96-105.

Candra Sari, A.I., E. Karlina, dan A. Cahyo, 2020. Pemanfaatan Susu Menjadi Olahan Yogurt dan Pemasaran Online Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Pendapatan. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 03 No. 02, April-Juni 2020, hal: 136-143.

Mahrus, Abdurrazif, Zulkarnaen, D., Febrianti, W., Rizki, A.N.A., dan Darusman, A., 2021. Pembuatan Abon dari Ikan Tuna Sebagai Salah Satu Alternatif Wirausaha Baru di Desa Batu Nampar Selatan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2021, 4 (2): 242-245.

DOI:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.824

Wahyuningtyas, D., Hartatik, P. Sulistyowati, dan D., Iswahyudi, 2017. Wirausaha Yogurt dan Stik Susu. http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1169

Biografi Penulis

Siti Rahmawati Zulaikhah, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).