Strategi Pemberdayaan Kelompok Usaha Karang Biru di Pesisir Labuhan Lalar sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Pesisir Berkelanjutan di Kabupaten Sumbawa Barat

Penulis

SAHRATULLAH SAHRATULLAH , Rizka Donny Agung Saputra , Lidiawati , Jamiatul Aulia , Dewi Seprianingsih

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9244

Diterbitkan:

2024-09-26

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Pesisir, Pembangunan Berkelanjutan, Kelompok Usaha Karang Biru

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

SAHRATULLAH, S., Rizka Donny Agung Saputra, Lidiawati, Jamiatul Aulia, & Dewi Seprianingsih. (2024). Strategi Pemberdayaan Kelompok Usaha Karang Biru di Pesisir Labuhan Lalar sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Pesisir Berkelanjutan di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1044–1047. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9244

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dan menerapkan strategi pemberdayaan kelompok usaha "Karang Biru" yang berlokasi di daerah pesisir Labuhan Lalar, Sumbawa Barat. Kelompok ini menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan potensi ekonomi mereka sambil mempertahankan keberlanjutan lingkungan. Melalui keterlibatan masyarakat dan praktik pembangunan berkelanjutan, program pemberdayaan ini berupaya meningkatkan kemandirian ekonomi mereka sekaligus mempromosikan pelestarian sumber daya pesisir. Area fokus mencakup peningkatan kapasitas, akses pasar, dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi model bagi komunitas pesisir lainnya di Indonesia.

Referensi

Kurniawan, A. F. (2024). Prospek Pengembangan Acces Reform Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Berbasis Potensi Fisik Dan Non Fisik Wilayah Desa (Studi di Kalurahan Sumberarum, Kapanewon Moyudan, Kabupaten (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Pertanahan NAsional).

Riyanto, K., & Heriyanti, S. S. (2024). Optimalisasi Kinerja UMKM: Mengurai Peran Strategis Pelatihan Kewirausahaan dan Inovasi Produk. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(04), 123-131.

Subhan, S. (2020). Penguatan Mental Spiritual Sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Islam Di Kabupaten Pesawaran (Studi Pada Program Pemberdayaan Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wahyuni, N. M., Miati, N. L. P. M., Dewi, K. G. P., & Pramana, D. (2024). Empowerment of Wood Carving Art Groups for Digitalization-Based Sustainable Art and Business in Mas Village, Gianyar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 992-1002.

Anggriani, S. D., Sidyawati, L., & Prasetyo, A. R. (2021). Kerajinan Kayu Ornamen Cukli dengan Teknik Mozaik untuk Menambah Nilai Estetik. INVENSI, 6(1), 65-78.

Kudus, I., & Slamet, A. (2020). Kerajinan Tradisional Buton: Warisan Negeri yang Menakjubkan. PT Kanisius.

Achmad, Z. A., Rosida, D. F., Priyadarshini, R., Safeyah, M., & Lestari, W. D. (2024). Peran Inovasi Untuk Mendorong Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Bidang Ekonomi Kreatif.

Hendrawan, R. A., Nurkasanah, I., Suryani, E., Mahendrawati, E. R., & Aristio, A. P. (2022). Discovery Shopping eCommerce untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan pada UMKM Produk Tanaman Herbal, Sayuran, dan Alat Berkebun. Sewagati, 6(6), 655-671.

Hendrawan, A. K., Soolany, C., Aji, D. O. P., Al Ahmad, F. K., & Rohman, S. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Abon Ikan Lele Berbasis Teknologi Untuk Peningkatan Pendapatan di Kelompok Tani Balepa Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Abdi Teknoyasa.

Pilianti, I. D., & Ismayanti, N. F. (2022). Analisis Manajemen Produksi Tahu dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Pabrik Tahu Pak Maksum di Kabupaten Blitar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2163-2171.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 SAHRATULLAH SAHRATULLAH, Rizka Donny Agung Saputra, Lidiawati, Jamiatul Aulia, Dewi Seprianingsih

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).