Penghijauan Dengan Jati Putih Untuk Membangun Lingkungan Berkelanjutan Di Desa Darmasari Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Eli Azhari , Muhammad Faqih Siddiq , Isrowati , Rachmawati Noviana Rahayu , Arben Virgota , Farista , Tapaul Rozi , Fadli

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9260

Diterbitkan:

2024-09-22

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Penghijauan, Manfaat penghijauan, Desa Darmasari

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Azhari, E., Siddiq, M. F., Isrowati, Rahayu, R. N., Virgota, A., … Fadli. (2024). Penghijauan Dengan Jati Putih Untuk Membangun Lingkungan Berkelanjutan Di Desa Darmasari Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1032–1035. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9260

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penghijauan adalah proses penanaman pohon di lahan-lahan yang gundul atau rusak untuk mengembalikan fungsi ekosistem alami. Kegiatan ini berperan penting dalam mengurangi erosi tanah, meningkatkan ketersediaan air, serta menurunkan suhu lingkungan. Masalah yang berkaitan dengan penghijauan lingkungan di Desa Darmasari Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur adalah bagaimana menjadikan masyarakat sadar akan manfaat penghijaun bagi lingkungan dan pentingnya penghijauan lingkungan. Penghijauan dilakukan  dengan  melakukan penanaman  pepohonan. Penghijauan adalah salah satu upaya penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak perubahan iklim. Di Desa Darmasari, sebuah inisiatif penghijauan sedang gencar dilakukan, di mana pohon jati putih dipilih sebagai spesies utama dalam program ini. Pohon jati putih (Gmelina arborea) dikenal sebagai salah satu jenis pohon yang memiliki banyak manfaat, baik dari segi lingkungan maupun ekonomi.  Pohon jati putih memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan ideal untuk penghijauan di Desa Darmasari. Pohon ini dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat dan mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah. Selain itu, pohon jati putih memiliki daya serap air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga ketersediaan air tanah dan mencegah erosi.

Referensi

Endah H. Joesi dan Novizan. 2002. Pengertian Penghijauan. Jakarta: Agro Media

https://gemangabdi.unram.ac.id/index.php/gemangabdi/article/view/159 diunduh 27 juli 2022.

https://www.globalforestwatch.org/dashboards/country/IDN/?lang=id

Nasir, M. 2002. Manfaat Penghijauan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pusaka.

Semangun, Haryono. 2001. Pengantar Ilmu Penghijauan. Yogyakarta: Gadjah Mada

Susilowati,L. E., Fatih, H., Kautsar, A.,& Fitriani, N. (2022). Penyediaan Bibit Untuk Tanaman Hias Oleh Mahasiswa KKN Untuk Program Penghijauan Kampus. Jurnal Gema Ngabdi, 4 (1), 49-56.

University Press.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Jupri, Eli Azhari, Muhammad Faqih Siddiq, Isrowati, Rachmawati Noviana Rahayu, Arben Virgota, Farista, Tapaul Rozi, Fadli

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).