Pengenalan Irigasi Tetes Pada Anak- Anak Di Lingkungan Sekolah

Penulis

I Dewa Gede Jaya Negara , Anid Supriyadi , I Gede Putu Warka , I Wayan Yasa , Salehudin Salehudin

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.929

Diterbitkan:

2021-08-30

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

irigasi tetes, efisien, pertanian, terbatas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Negara, I. D. G. J., Supriyadi, A., Warka, I. G. P., Yasa, I. W., & Salehudin, S. (2021). Pengenalan Irigasi Tetes Pada Anak- Anak Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.929

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

 Irigasi tetes merupakan sistem irigasi hemat air yang sudah lama diaplikasikan diberbagai negara, akan tetapi untuk di lingkungan diwilayah negara kita masih banyak yang belum mengenal. Memperhatikan adanya perubahan iklim global,yang berdampak pada ketersediaan air yang akan semakin menurun. Aplikasi irigasi tetes sangat mungkin dilakukan masyarakat, karena penggunaan airnya terbatas. Untuk itu pengenalan yang paling mungkin dilakukan  adalah pada anak-anak sekolah, sebagai penerus bangsa. Pengabdian ini melakukan pelatihan irigasi tetes sebagai materi pengabdian yang dilakukan pada  SMP Dwijendra Mataram. Sasaran pengabdian adalah semua anak-anak sekolah di sekolah SMP Dwijendra tersebut. Tujuan pelatihan ini  adalah untuk menigkatkan pengetahuan dan ketarampilan siswa tentang irigasi tetes  dan pertanian lahan terbatas. Pelatihan dilakukan dengan tahapan survey awal, ceramah di dalam kelas dan praktik irigasi  tetes dihalaman sekolah. Hasil yang dicapai adalah siswa dan siswi SMP Dwijendra telah mendapatkan pengetahuan irigasi tetes, memahami dengan baik sistem irigasi tetes, mampu membuat jaringan irigasi dan mengatur jarak tanaman irigasi serta mampu  mengoperasikan meningkat jaringan irigasi dan tanaman dengan baik.

Referensi

Bucks, D.A. and S. Davis, Historical development of trickle irrigation in Nakayama, F.S. and Bucks (ed), 1986. Trickle irrigation for crop production: Development in agricultural engineering 9. Elsevier, Amsterdam.

Bucks, D.A., F.S. Nakayama and A.W Warrick. Principles, practices and potentialities of trickle (drip) irrigation in Hillel, D. (ed), 1982. Advances in irrigation, vol. 1. Academic Press, New York.

Eterna dan Suwardji (2003). Survai pemanfaatan sumur pompa air tanah dalam se Pulau Lombok. Laporan Penelitian Kerjasama Bagian Proyek

Negara,I.D.G.J, Warka.I.G.P,dkk,( 2016),â€Penyuluhan Tentang Cara Pembuatan Irigasi Tetes pada Siswa dan Warga Sekolah Di Sekolah Dwijendra Kota Mataram

Biografi Penulis

I Dewa Gede Jaya Negara, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).