Peningkatan Keterampilan Publikasi Ilmiah Guru Di SMP Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Melalui Pengembangan Best Practice Pembelajaran

Penulis

I Wayan Merta , I Putu Artayasa , AA Sukarso , Heru Setiawan , Maftah Al Arsi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9333

Diterbitkan:

2024-09-29

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Praktik Berbasis Pedagogi, Karya Tulis Ilmiah Guru, KEK Mandalika

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Sukarso, A., Setiawan, H., & Arsi, M. A. (2024). Peningkatan Keterampilan Publikasi Ilmiah Guru Di SMP Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Melalui Pengembangan Best Practice Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1079–1083. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9333

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penerapan berbagai model dan metodologi pembelajaran merupakan salah satu bentuk praktik berbasis pedagogi yang dilakukan oleh guru SMP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Pengalaman ini perlu disebarluaskan sebagai acuan bagi guru di daerah lain. Salah satu cara penyebarluasan pengalaman tersebut adalah melalui publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi yang merupakan salah satu bentuk kompetensi profesional guru. Salah satu kendala yang dihadapi adalah rutinitas mengajar di sekolah yang membuat guru kurang memiliki waktu untuk melakukan kegiatan publikasi ilmiah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru SMP di KEK Mandalika dalam mempublikasikan karya ilmiahnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibagi menjadi tiga tahap utama. Tahap pertama adalah menginventarisasi praktik terbaik yang telah dilakukan oleh guru SMP di KEK Mandalika melalui diskusi kelompok terarah (FGD). Tahap kedua adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan dalam penyusunan artikel dan publikasi ilmiah. Tahap terakhir adalah evaluasi kegiatan. Hasil evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa pengelolaan layanan dinilai sangat baik oleh rata-rata 69% guru, sedangkan narasumber dinilai sama oleh 67% responden, terdapat peningkatan jumlah artikel yang siap untuk diserahkan.

Referensi

Aguirre, J. C., Peralta Zuñiga, M. L., Mora, P., & Blanco, F. (2020). Innovative Entrepreneurship and Quality of Life. The case of Ecuador. Academia Revista Latinoamericana de Administración, 34(1), 143–164. https://doi.org/10.1108/ARLA-04-2020-0076

Bayu, W. I., Hartati, H., Yusfi, H., & Destriani, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMP Negeri 9 Palembang Melalui Pelatihan Terstruktur. Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 7(4), 185–192.

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Darsono, T., Aji, M. P., Rusilowati, A., & Marwoto, P. (2021). Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK Guru SMA Kota Pekalongan. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(2), 42–46. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52977

Ghofur, M. A., Prahani, B. K., Tsuroyya, T., Deta, U. A., & Pristianti, M. C. (2022). Workshop Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Guru SMP Kabupaten Nganjuk Untuk Peningkatan Kualitas Publikasi Guru. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 427–435.

Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116.

Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289

Palennari, M., Saparuddin, Daud, F., & Arifin, A. N. (2022). Peningkatan Publikasi Ilmiah Bagi Guru Sekolah di Kota Makassar dengan App Smashing (Mendeley dan PoP). Jurnal Abdi Negeriku, 1(2), 1. https://doi.org/10.35580/jan.v1i2.38452

Rosyidi, M. A., Jufri, A. W., & Artayasa, I. P. (2023). Development of Biopreneurship Project-Based Module for Junior High School Students in Mandalika Lombok Special Economic Zone. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7579–7590. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.5078

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi, 1(1), 1–7.

Utomo, A. P. Y., Liana, N. I., Pramono, D., Yanitama, A., Alfatimi, N. A., Lestari, A. Y., Afriyanti, R., & Indramayu, A. (2021). Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Publikasi Ilmiah Guru di Kota Salatiga. Jurnal Implementasi, 1(2), 106–111.

Biografi Penulis

I Wayan Merta, Universitas Mataram

I Putu Artayasa, Universitas Mataram

AA Sukarso, Universitas Mataram

Heru Setiawan, Universitas Mataram

Maftah Al Arsi, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 I Wayan Merta, I Putu Artayasa, AA Sukarso, Heru Setiawan, Maftah Al Arsi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).