Peningkatan Keterampilan Analisis Data Deskriptif dan Inferensial melalui Pelatihan Microsoft Excel dan Aplikasi SPSS

Penulis

melkianus suluh , Yuliana Sesi Bitu

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.934

Diterbitkan:

2021-12-18

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Analisis Data, Statistik Deskriptif, Statistik Inferensial, Microsoft excel, SPSS

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

suluh, melkianus, & Bitu, Y. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Analisis Data Deskriptif dan Inferensial melalui Pelatihan Microsoft Excel dan Aplikasi SPSS. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 461–465. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.934

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini memiliki tiga tujuan, yaitu, 1) agar mahasiswa memahami konsep penelitian deskriptif dan inferensial, 2) agar mahasiswa mampu mengolah data deskripif dengan memanfaatkan Microsoft excel, 3) agar mahasiswa mampu mengolah data inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS. Subyek pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa semester 7 yang berjumlah 60orang. Subyek pengabdian tersebut tersebar pada empat program studi yang ada di STKIP Weetebula, meliputi Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Untuk meningkatkan efektifitas pelatihan, subyek pengabdian di bagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok mengikuti 3 kali kegiatan pelatihan. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, tanya jawab dan unjuk kerja. Materi yang dibahas meliputi, pada pertemuan pertama membahas materi konsep penelitian deskriptif dan penelitian inferensial. Materi pelatihan yang diberikan pada pertemuan kedua adalah pengolahan data deskritif dengan Microsoft excel. Sementara itu, materi pertemuan ketiga adalah pengolahan data dengan program SPSS. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 1) Mahasiswa semakin memahami konsep penelitian deskriptif dan inferensial. 2) Mahasiswa memahami teknik analisis data deskripif dan mampu mengolah data deskriptif dengan memanfaatkan Microsoft excel. 3) Mahasiswa semakin memahami teknik analisis data inferensial dan mampu mengolah data inferensial dengan memanfaatkan aplikasi SPSS. Hasil lain yang diperoleh adalah subyek pengabdian menunjukkan sikap antusiasme dan partisipatif selama kegiatan pelatihan.

Referensi

Daftar Pustaka

Fauziah, Fenty dan Karhab, Rinda Sandaya. 2019. Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan AplikasiSPSS Pada Mahasiswa. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan UmaT: Vol. 1 No. 2.

Febrilia, Setyawati. 2020. Workshop Pengolahan Data Menggunakan SPSS Bagi Mahasiswa Universitas Pendidikan Mandalika. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 3, No. 2.

Helaluddin. 2019. Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS: Vol.1, No. 1, Hal: 44-45

Permana, R. S. M. dan J.N. Mahameruaji. 2019. Strategi Pemanfaatan Media Baru Net. TV. Jurnal Studi Komunikasi dan Media 23 (1): 21-36.

Putra, Zainal., dkk. 2018. Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Dengan Software SPSS Bagi Mahasiswa Lintas Perguruan Tinggi Dalam Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Jurnal ABDIMAS UNMER Malang. Vol. 3, Edisi Khusus.

Wicaksono, Yudhy. 2015. Panduan Lengkap Mengelola Data Excel Optimalkan Kemampaun Excel anda secara efektif, efisien, dan professional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Biografi Penulis

melkianus suluh, STKIP Weetebula

Pendidikan Fisika

Yuliana Sesi Bitu, STKIP Weetebula

Pendidikan Bahasa Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).