"Introduction to Vertical Hydroponics for the Community of Ardirejo Village to Achieve Food Security

Pengenalan Hidroponik Vertikultur Pada Masyarakat Kelurahan Ardirejo Sebagai Upaya Kemandirian Pangan

Penulis

Ika Purnamasari , Yagus Wijayanto , Suci Ristiyana , Tri Wahyu Saputra , Zaky Firmansyah Maulana , Yeremia Rivieri , Ersya Kamelia Rosana , Kharisma Adi Bagaskara

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9359

Diterbitkan:

2024-12-12

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Ardirejo Village, Marginal Land, Vegetables, Vertical Hydroponics, local women’s organization (PKK)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Purnamasari, I., Yagus Wijayanto, Suci Ristiyana, Tri Wahyu Saputra, Zaky Firmansyah Maulana, Yeremia Rivieri, … Kharisma Adi Bagaskara. (2024). "Introduction to Vertical Hydroponics for the Community of Ardirejo Village to Achieve Food Security: Pengenalan Hidroponik Vertikultur Pada Masyarakat Kelurahan Ardirejo Sebagai Upaya Kemandirian Pangan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1730–1735. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9359

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji merupakan salah satu kelurahan yang terdapat di pusat Kabupaten Situbondo. Keterbatasan lahan pertanian menjadi tantangan utama dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat setempat. Pendekatan inovatif untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan diperlukan salah satunya melalui teknologi vertikultur. Program pengabdian Masyarakat dilakukan di Kelurahan Ardirejo untuk mendukung kemandirian pangan Masyarakat. Melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat, program ini tidak hanya memberikan solusi praktis tetapi juga bertujuan memberdayakan masyarakat dalam memproduksi pangan secara mandiri. Pertama, dilakukan survei menyeluruh untuk mengidentifikasi permasalahan utama dan karakteristik lahan di Kelurahan Ardirejo. Hasil analisis situasi digunakan dalam pemilihan tanaman yang cocok dengan kondisi lahan serta desain struktur vertikultur yang efisien. Setelah itu dilakukan workshop kepada ibu ibu PKK dan masyarakat mengenai konsep vertikultur, pemilihan tanaman yang tepat, serta teknik perawatan yang diperlukan. Pemantauan dan pendampingan rutin diberikan kepada masyarakat untuk memastikan praktik pertanian vertikultur berjalan lancar. Program ini juga memasukkan pendekatan pendidikan dan penyuluhan terus-menerus untuk memastikan pengetahuan masyarakat terus berkembang. Pemahaman yang lebih baik tentang vertikultur dan praktik pertanian berkelanjutan, diharapkan masyarakat dapat secara aktif mengelola dan memanfaatkan teknologi ini.

Referensi

Putri, R. E., Feri, A., Irriwad, P., & Hasan, A. (2022, December). Performance analysis of hydroponic system on verticulture technique of spinach (Ipomoea aquatica). In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1116, No. 1, p. 012016). IOP Publishing.

Rahmat, P. 2015. Bertanam Hidroponik Gak Pake Masalah Agromedia Pustaka. Jakarta.

Sreedhar, G., & Manoj Kumar, G. (2011). Vertical Farming Using Information and Communication. Infosys, December 2019.

Tripama, B. dan M. R. Yahya. 2018. Respon Konsentrasi Nutrisi Hidroponik Terhadap Tiga Jenis Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Jurnal Ilmu Pertanian. 16 (2) : 237 - 249

Wijaya, Agmey dan Sisca Fajriani. 2022. Pertumbuhan Dan Hasil Selada (Lactuca sativa L.) Pada Metode Hidroponik Sistem Sumbu Dengan Kerapatan Naungan Dan Konsentrasi Nutrisi Yang Berbeda.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ika Purnamasari, Yagus Wijayanto, Suci Ristiyana, Tri Wahyu Saputra, Zaky Firmansyah Maulana, Yeremia Rivieri, Ersya Kamelia Rosana, Kharisma Adi Bagaskara

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).