Penguatan Kapasitas Dalam Perencanaan dan Pengembangan Usaha Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Bagi Petani Pesanggem Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sesaot Lombok Barat

Penulis

L. Sukardi , M. Husni Idris , Bambang Dipokusumo

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.937

Diterbitkan:

2021-09-04

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Kapasitas, Perencanaan, Usaha, Hkm, Sesaot.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sukardi, L., Idris, M. H., & Dipokusumo, B. (2021). Penguatan Kapasitas Dalam Perencanaan dan Pengembangan Usaha Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Bagi Petani Pesanggem Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sesaot Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.937

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengembangan usaha berbasis HHBK di wilayah Sesaot khususnya bagi petani HKm mempunyai peluang yang cukup besar.  Oleh karena itu, penguatan kapasitas petani pengelola HKm dalam merencanakan usaha ekonomi produktif berbasis hasil hutan bukan kayu (HHBK) sangat diperlukan. Salah satu caranya adalah melalui kegiatan penyuluhan/pelatihan. Tujuannya adalah: (1) meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta tentang pentingnya perencanaan usaha HHBK, (2) meningkatkan kemampuan peserta dalam mengidentifikasi dan melakukan pemilihan bidang usaha HHBK prioritas, dan (3) meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam menyusun rencana usaha HHBK. Kegiatan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan simulasi. Hasil yang dicapai adalah masyarakat memiliki pemahaman dan mampu menyusun rencana usaha berbasis HHBK secara sederhana.

Referensi

Ambadar, J. Miranty Abidin, dan Yanty Isa, 2005. Mulai Usaha dari Nol. Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Anonymous, 2012. Modul Kewirausahaan. Menyusun Business Plan bagi Wirausaha Pemula. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UMKM.

Arto, Pudji, 2013. Analisis Kelayakan Usaha Agribisnis. http:/pujiart.blogspot.com. Diakses 18 Nopember 2013.

Hailes, Jr., W. D and R. T. Hubbard, 1983. Small Business Management: Planning and Operation. New York: Van Nostrand Reinhold.

Haryati La Kamisi, 2011. Analisis Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Kerupuk Singkong. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan (Agrikan UMMU-Ternate) 4 (2):82-87.

Marimin, 2004. Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Teknik dan Aplikasi. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Pinson, L. and J. Jinnett. 1993. Anatomy of a Business Plan. Dearborn Publishing Co.

Poteet, G. H., 1991. Starting Up Your Own Business--Expert Advice from the U.S. Small Business Administration. Blue Ridge Summit, PA, The Liberty Hall Pres.

Pusdiklat Kehutanan, 2015. http://pusdiklathut.org/baktirimbawan/analisa_usahatani/index. html

Rangkuti, Freddy, 1997. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis- Reorientasi

Reni Kustiari, 2011. Analisis Nilai Tambah dan Balas Jasa Faktor Produksi Pengolahan Hasil Pertanian. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Petani dan Pembangunan Pertanian di Bogor, 12 Oktober 2011.

Sarosa, P., 2003. Seri Kiat Praktis Membuka Usaha: Langkah Awal menjadi Entrepreneur Sukses. PT. Elex Media Komputindo.

Shane, S., 2003. A General Theory of Entrepreneurship.the Individual-opportunity Nexus.USA: Edward Elgar

Slamet, U., 2005. Nilai Tambah dan Balas Jasa Faktor Produksi Pengolahan Hasil-hasil Pertanian. Bulletin penelitian Nomor 8:1-8.

Soekartawi, 1995. Analisis Usahatani, Universitas Indonesia, Jakarta.

Suparyanto, Wahyu, 2004. Mudah Menyusun Studi Kelayakan Usaha. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprapto, A. 1999. Pengembangan Agribisnis Komoditas Unggulan dalam memasuki Pasar Global. Makalah disampaikan dalam Lokakarya Nasional Musyawarah Nasional V POPM

Suryana, 2003. Kewirausahaan. Cetakan keempat. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Biografi Penulis

L. Sukardi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).