Vol 4 No 3 (2021)
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Edukasi Ramah Anak Melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram untuk Mewujudkan Kelurahan Gomong Sehat dan Cerdas

Penulis

Immy Suci Rohyani , M. Wildane Ganevo

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.939

Diterbitkan:

2021-09-06

Unduhan

Abstrak

Pada Era New Normal Pandemi Covid-19 ini masyarakat masih kebanyakan melakukan aktivitasnya dari rumah. Penerapan Kerja dari rumah dan pembelajaran dari rumah merupakan hal utama pada masa pandemi ini untuk memperkecil penyebaran covid-19. Penerapan protokol kesehatan merupakan hal utama dan kewajiban masyarakat saat ini. Mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker dan menjaga jarak harus dioptimalkan dalam menekan angka penyebaran kasus covid-19. Masyarakat dan anak-ana di Kelurahan Gomong, masih banyak yang belum optimal dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu perlu adanya edukasi yang optimal dengan pendekatan humanis dan ramah anak. Selain itu dengan diadakannya pembelajaran jarak jauh maka anak-anak memiliki kebosanan dan kesusahannya sendiri dalam menghadapi pembelajaran. Melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram ini dilakukannya Edukasi Ramah Anak dengan membantu anak belajar dan edukasi hal lain yang bermanfaat bagi anak serta menunjang psikologis anak tetap dapat merasakan riang gembira pada masa pandemi covid-19. Hal-hal yang dilakukan berupa Edukasi melalui alat Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Edukasi melalui Spanduk, Edukasi anak-anak secara langsun, pembagian 600 masker, serta pembentukan Forum Anak

Kata Kunci:

Covid-19, Anak-anak, Edukasi

Referensi

Fitriani, Nur Indah. 2020. Tinjauan Pustaka Covid-19: Virologi, Patogenesis, dan Manifestasi Klinis. Jurnal Medika Malahayati. 4 (3): 194-201. Kemendikbud RI. 2020. Ragam Program Tayangan “Belajar dari rumah†di TVRI. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/ragam-tayangan-belajar-darirumah-di-tvri diakses: 10 Januari 2021.

Kemenkes RI. 2020. Situasi Terkini Perkembangan Novel Coronavirus (Covid-19). https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkiniperkembangan-coronavirus-disease-covid-19-09-januari-2021 diakses: 10 Januari 2021.

Qodir, Abdul. 2017. “Humanistik†Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 4 (2):191.

Yulianto, Agus. 2016. Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi.Volume. 1(2): 137.

Biografi Penulis

Immy Suci Rohyani, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Rohyani, I. S., & Ganevo, M. W. (2021). Edukasi Ramah Anak Melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram untuk Mewujudkan Kelurahan Gomong Sehat dan Cerdas. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.939