Edukasi Ramah Anak Melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram untuk Mewujudkan Kelurahan Gomong Sehat dan Cerdas

Penulis

Immy Suci Rohyani , M. Wildane Ganevo

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.939

Diterbitkan:

2021-09-06

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Covid-19, Anak-anak, Edukasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rohyani, I. S., & Ganevo, M. W. (2021). Edukasi Ramah Anak Melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram untuk Mewujudkan Kelurahan Gomong Sehat dan Cerdas. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.939

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pada Era New Normal Pandemi Covid-19 ini masyarakat masih kebanyakan melakukan aktivitasnya dari rumah. Penerapan Kerja dari rumah dan pembelajaran dari rumah merupakan hal utama pada masa pandemi ini untuk memperkecil penyebaran covid-19. Penerapan protokol kesehatan merupakan hal utama dan kewajiban masyarakat saat ini. Mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker dan menjaga jarak harus dioptimalkan dalam menekan angka penyebaran kasus covid-19. Masyarakat dan anak-ana di Kelurahan Gomong, masih banyak yang belum optimal dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu perlu adanya edukasi yang optimal dengan pendekatan humanis dan ramah anak. Selain itu dengan diadakannya pembelajaran jarak jauh maka anak-anak memiliki kebosanan dan kesusahannya sendiri dalam menghadapi pembelajaran. Melalui Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram ini dilakukannya Edukasi Ramah Anak dengan membantu anak belajar dan edukasi hal lain yang bermanfaat bagi anak serta menunjang psikologis anak tetap dapat merasakan riang gembira pada masa pandemi covid-19. Hal-hal yang dilakukan berupa Edukasi melalui alat Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Edukasi melalui Spanduk, Edukasi anak-anak secara langsun, pembagian 600 masker, serta pembentukan Forum Anak

Referensi

Fitriani, Nur Indah. 2020. Tinjauan Pustaka Covid-19: Virologi, Patogenesis, dan Manifestasi Klinis. Jurnal Medika Malahayati. 4 (3): 194-201. Kemendikbud RI. 2020. Ragam Program Tayangan “Belajar dari rumah†di TVRI. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/ragam-tayangan-belajar-darirumah-di-tvri diakses: 10 Januari 2021.

Kemenkes RI. 2020. Situasi Terkini Perkembangan Novel Coronavirus (Covid-19). https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkiniperkembangan-coronavirus-disease-covid-19-09-januari-2021 diakses: 10 Januari 2021.

Qodir, Abdul. 2017. “Humanistik†Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 4 (2):191.

Yulianto, Agus. 2016. Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi.Volume. 1(2): 137.

Biografi Penulis

Immy Suci Rohyani, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).