Deteksi Dini Perkembangan Anak BATITA (Bawah Tiga Tahun) untuk Mencegah Stunting melalui KPSP (Kuisioner Pra Screning Perkembangan)

Penulis

Sitti Rusdianah Jafar , Gusti Ayu Sri Pujawarnis W , Dewi Purnamawati , Nur Aini Mufidah , Ngurah Anom

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9418

Diterbitkan:

2024-10-27

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Deteksi Dini, Ibu BATITA, KPSP

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jafar, S. R., Pujawarnis W, G. A. S., Purnamawati, D., Mufidah, N. A., & Anom, N. (2024). Deteksi Dini Perkembangan Anak BATITA (Bawah Tiga Tahun) untuk Mencegah Stunting melalui KPSP (Kuisioner Pra Screning Perkembangan). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1133–1138. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9418

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Perkembangan anak merupakan perubahan yang terjdai dalam diri anak, mulai dari perkembangan fisik, motoric, personal sosial, kemampuan bahasa, sosial dan kemandirian. Agar tumbuh kembang anak berkualitas dan tidak terjadi penyimpangan perlu diberikan stimulus. Peran ibu  sangat penting untuk meningkatkan perkembangan motoric anak. Perkembangan anak dapat diukur salah satunya dengan menggunakan KPSP (Koesioner Pra Skrining Perkembangan).Tujuan skrining adalah untuk mengetahui perkembangan  anak apakah nomal atau terdapat penyimpangan. Pengabdian pada Masyarakat dilkakukan pada Ibu Ibu BATITA stunting sebanyak 25 orang, kegiatan yang dilakukan mulai dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Pelatihan menggunakan metode ceramah dan demostrasi, materi disajikan bentuk power point (ppt)  dan booklet KPSP. Untuk menghindarkan kejenuhan bagi pesrta sehingga dibuat model permainan yaitu  permainan flash card. Kartu flash card berisi gambar dan kata kata yang terkait dengan stimulasi perkembangan anak, sehingga memudahkan ibu ibu untuk dapat mengingat deteksi perkembangan anaknya.  Hasil Pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan  pengetahuan ibu ibu dari 70% sebelum diberikan edukasi meningkat menjadi 92% setelh diberikan edukasi da pelatihan. Demikian halnya dengan keterampilan terjadi peningkatan keterampilan dari 25% menjadi 81% setelh diberikan pelatihan demosntrasi deteksi dini perkembangan anak menggunakan KPSP. Terdapat penigkatan pengetahuan dan keterampilan ibu ibu BATITA stunting di lingkungan Jempong Timur Keluarahan Jempong  setelah diberikan edukasi dan keterampilan pada kegiatan pelatihan dan pendampingan pengabdian masyarakat

Referensi

Anjarwati, B., & Widyaningsih, T. S. (2021). Penerapan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (Kpsp) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Selama Masa Pandemi. Proceeding Widya Husada Nursing Conference, 2(1), 6–11.

Anjarwati, B., & Widyaningsih, T. S. (2022). Penerapan Kuesioner Pra Screning Perkembangan (KPSP) terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Selama Masa Pandemi. Proceeding Widya Husada Nursing Conference, 2(1).

Dinas Kesehatan NTB. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019. Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019, 1–85.

Fernando, F., Etriyanti, E., & Pebrina, M. (2019). Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia Batita. Jik- Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), 140. https://doi.org/10.33757/jik.v3i2.144

Jafar, S. R., Pujawanis W, G. A. S., & Hasbi, et all. (2022). Bima Nursing Journal. Bima Nursing Journal, 4(1), 1–7.

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Kelrey, F., Kombong, R., & Hatala, T. N. (2021). Efektifitas Media Permainan Flashcard Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Anak Usia Prasekolah. Citra Delima Scientific Journal of Citra Internasional Institute, 5(2), 56–60. https://doi.org/10.33862/citradelima.v5i2.239

Kemenkes, R. I. (2016). Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Meihartati, T. (2020). Pentingnya Protokol Kesehatan Keluarn Masuk Rumah Saat Pandemi ovid-19 di Lingkungan Masyarakat RT 30 Kelurahan Air Himan, Samarinda, Kalimantan Timur. Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Rahmawati, S., Saraswati, D., & Lina, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Flash Card Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Pencegahan Stunting. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1), 386–394. https://doi.org/10.37058/jkki.v18i1.4727

Sari, E., & Mardalena, M. (2021). Analisis Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Balita Dengan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (Kpsp). Jurnal ’Aisyiyah Medika, 6(2), 334–342. https://doi.org/10.36729/jam.v6i2.669

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Biografi Penulis

Sitti Rusdianah Jafar, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Sitti Rusdianah Jafar, Gusti Ayu Sri Pujawarnis W, Dewi Purnamawati, Nur Aini Mufidah, Ngurah Anom

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).