Peningkatan Kapasitas Petani Melalui Pelatihan Pembukuan Usahatani di Desa Otak Rarangan Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Dudi Septiadi , Rosmilawati Rosmilawati , Abdullah Usman , I Gusti Lanang Parta Tanaya , Asri Hidayati

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.945

Diterbitkan:

2021-09-07

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

pembukuan, pengabdian, peningkatan kapasitas, petani

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Septiadi, D., Rosmilawati, R., Usman, A., Tanaya, I. G. L. P., & Hidayati, A. (2021). Peningkatan Kapasitas Petani Melalui Pelatihan Pembukuan Usahatani di Desa Otak Rarangan Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.945

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penggunaan pembukuan dalam usahatani merupakan jenis teknologi yang efektif dalam mengontrol kebijakan pengelolaan usahatani. Petani sebagai pengelola usahatani dapat mengetahui kelemahan dalam penyusunan perencanaan dan penyelenggaraan usahatani. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk; 1) memberikan pemahaman kepada petani terkait pentingnya pembukuan usahatani; 2) melatih petani untuk membuat catatan pembukuan usahatani. Pengabdian dilaksanakan di Desa Otak Rarangan, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sasaran para petani dari perwakilan kelompok tani sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan kegiatan dengan metode Forum Group Discussion (FGD) dan Workshop. Hasil kegiatan pengabdian ini mampu memberikan pemahaman baru bagi petani terkait pentingnya pencatatan dan pembukuan usahatani. Petani bisa membedakan antara sumber penerimaan dan sumber pengeluaran kegiatan usahatani. Berdasarkan hasil simulasi pada workshop pencatatan dan pembukuan usahatani, petani mengetahui kondisi keuangan usahataninya selama satu musim tanam sebelumnya. Petani bisa menggunakan buku catatan usahatani yang telah dibuat untuk kegiatan musim tanam berikutnya secara berkelanjutan.

Referensi

Athaillah, T. 2020. Pembukuan Usaha Tani Padi di Desa Leuhan Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 80-86.

BPS 2014. Hasil Pendataan Potensi Desa/ Kelurahan. BPS Lombok Timur

Fadhla, T. 2017. Analisis Manajemen Usaha Tani dalam Meningkatkan Pendapatan dan Produksi Padi Sawah di Kecamatan Tangan-Tangan Kab. Aceh Barat Daya. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2).

Huda, S., & Wikanta, W. 2016. Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Sebagai Upaya Mendukung Usaha Peternakan Sapi Potong di Kelompok Tani Ternak Mandiri Jaya Desa Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26-35.

Mariyono, J. dan Rachmansyah, Y. 2010. Dampak Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu Pada Produksi Kedelai Di Jawa Timur: Analisis Ekonomi. Dinamika Sosial Ekonomi, 6 (2): 129-144.

Mubyarto, 1989. Pengantar EKonomi Pertanian Edisi III. LP3ES. Jakarta

Nugraha, S. P. 2013. Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 193-197.

Nuryanti, S., & Swastika, D. K. S. 2011. Peran kelompok tani dalam penerapan teknologi pertanian. In Forum penelitian agro ekonomi (Vol. 29, No. 2, pp. 115-128).

Pujiyono, A., & Nugraha, H. S. 2016. Strategi Pembentukan Koperasi Pertanian Syariah di Jawa Tengah: Pendekatan Analytical Network Process (Anp). In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2016. Stikubank University.

Putri M. G., Sirma, I. N., & Bernadina, L. 2020. Manajemen Usaha tani Terung Ungu Di Kelu rahanTuatuka Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Jurnal EXCELLENTIA Volume IX No 1 hal 50-57.

Ratnasari, D., Rauf, A., & Boekoesoe, Y. 2017. Analisis Hubungan Manajemen Usaha tani Padi Sawah Dengan Tingkat Keberhasilan Gapoktan Serumpun (Studi Kasus Gapoktan Serumpun Kota Gorontalo). AGRINESIA. Vol 2 no.1, November 2017.

Tohir, K. 1983. Seuntai Pengetahuan Tentang Usaha Tani Indonesia. Bina Aksara. Jakarta.

Biografi Penulis

Dudi Septiadi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).