Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pengembangan Sistem Web Interaktif untuk Fanbase JKT48 Lombok di LearningX sebagai Upaya Pemberdayaan Komunitas

Penulis

Lalu Sirdi Zunistira , Agung Budi Muljono

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9465

Diterbitkan:

2024-11-15

Unduhan

Abstrak

Dalam era digital yang semakin maju, pentingnya interaksi antar penggemar semakin meningkat untuk membangun komunitas yang solid dalam mendukung idola mereka. Oleh karena itu, dikembangkanlah sistem web interaktif untuk fanbase JKT48 Lombok di LearningX. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan penggemar melalui media interaktif. Metode yang digunakan meliputi pengembangan aplikasi berbasis Flask sebagai backend dan MongoDB untuk manajemen basis data, serta penggunaan HTML, CSS, dan JavaScript untuk tampilan antarmuka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan penggemar dan peningkatan kualitas interaksi melalui berbagai fitur, seperti forum diskusi dan galeri. Kesimpulannya, pengembangan sistem ini berhasil mencapai tujuan meningkatkan interaksi dan loyalitas fanbase.

Kata Kunci:

sistem web interaktif, fanbase, Flask, MongoDB, komunitas.

Referensi

Felix, A. and Rembulan, G.D. (2023) ‘Digital Transformation and the Customer Experience: Enhancing Engagement and Loyalty’, Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(03), pp. 228–240. doi:10.31949/entrepreneur.v4i03.6195.

Haryono, A.T. and Hutasoit, B.S. (2023) Digital marketing antara pemahaman teoritis dan panduan praktis, Penerbit Lakeisha.

Hendrawan, M. et al. (2024) ‘Perancangan Model Sistem Pengajuan Cuti Pegawai Berbasis Laman Dengan Metode Rapid Application Development’, 8(2), pp. 230–238. Available at: https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.

Judijanto, L. et al. (2024) ‘Eksplorasi Penggunaan Box’s Spok Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa: Suatu Pendekatan Pengabdian Kepada Masyarakat’, Journal Of Human And …, 4(3), pp. 620–624. Available at: http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1098.

Khairullah, E., Toyib, R. and Imanullah, M. (2024) ‘Penerapan Sectigo Positive Ssl Pada Pengamanan WebSite’, Jurnal Media Infotama, 20(1), pp. 201–210.

Komala, R. (2022) ‘Literasi Digital Untuk Perlindungan Data Privasi: Dibalik Kemudahan Belanja Daring’, Program Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia, 6(4), pp. 1988–2002. doi:10.36312/jisip.v6i4.3527/http.

Maturbongs, Y.H. (2024) ‘Alkimia Kasih di Era Digital: Ikatan Emosional Melalui Teknologi Untuk Pendidikan’, TarFomedia, 5(1), pp. 28–38.

Nasution (2021) ‘Implementasi Mongo Db, Express Js, React Js Dan Node Js (Mern) Pada Pengembangan Aplikasi Formulir, Kuis, Dan Survei Online’, Informatics Engineering, pp. 1–160. Available at: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38607.

Ningsih Wijaya, A. et al. (2024) ‘Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater di Kabupaten Bekasi’, GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(01), pp. 28–41. doi:10.59422/global.v2i01.185.

Prasetyaningsih, A. (2018) ‘Dampak penyertaan media berbasis teknologi informasi dalam kehidupan keluarga’, … : Jurnal Program Studi PGRA, 4, pp. 159–168. Available at: http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/304.

Ramadani, D. and Tarigan (2020) Sistem Informasi manajemen Pengantar Sistem Informasi, ResearchGate. Available at: https://www.researchgate.net/publication/342898210.

Salatalohi, T. D. (2015) ‘Pengaruh Teknologi Web 2 . 0 Terhadap Perkembangan Situs Social Network’. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma.

Syaifudin Fendi Prasetyo, Tino Feri Efendi, M. (2024) ‘Jurnal Riset Teknik Komputer’, Implementasi Sistem Prediksi Curah Hujan Dengan Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Website, 1(2), pp. 80–96.

Telaumbanua, F. (2024) ‘WEB PENGHITUNG CACAH TBS MENGGUNAKAN ALGORITMA YOLOv8’.

Wahyu Hidayat M et al. (2023) ‘Efektivitas Penerapan Metode Gamification Berbasis Online Terhadap Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar’, Jurnal Pendidikan Terapan, 01, pp. 17–27. doi:10.61255/jupiter.v1i1.2.

Biografi Penulis

Lalu Sirdi Zunistira, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Zunistira, L. S., & Muljono, A. B. (2024). Pengembangan Sistem Web Interaktif untuk Fanbase JKT48 Lombok di LearningX sebagai Upaya Pemberdayaan Komunitas . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1268–1273. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9465