Peningkatan Kompetensi Guru Ipa Melalui Pelatihan Pembuatan Liveworksheets
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9478Diterbitkan:
2024-11-11Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Pelatihan, Guru IPA, LiveworksheetsArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Penerapan Kurikulum Merdeka saat ini memberikan suasana pembelajaran yang baru bagi guru dan siswa. Guru dituntut untuk dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang tidak hanya membahagiakan, namun juga berjalan secara mendalam dan bermakna bagi siswa. Salah satunya dengan menghadirkan inovasi media pembelajaran berbasis digital yaitu Liveworksheets. Kecakapan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis digital menjadi tuntutan penting bagi guru saat ini, namun masih ada guru yang belum memilikinya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA melalui pelatihan pembuatan Liveworksheet dengan mitranya adalah guru IPA (fisika, kimia dan biologi) di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Subjek yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini adalah 9 orang guru IPA yang belum pernah mendapat pelatihan pembuatan Liveworksheets. Metode yang digunakan terdiri atas tiga tahapan yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru dapat membuat media pembelajaran digital Liveworksheets yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Media ini dapat membuat soal-soal dengan beragam jenis dan adanya sistem automatic assessment yang memudahkan guru dalam memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
Referensi
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42-50.
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306-316.
Fatimah, H., & Bramastia, B. (2021). Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(1).
Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675-1688.
Idhartono, A. R. (2023). Literasi digital pada Kurikulum Merdeka belajar bagi anak. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91-96.
Kurniadi, D., Delianti, V. I., Farell, G., & Asnur, L. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru di Wilayah VII Sumatra Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 932-941.
Marnita, M., Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). The effectiveness of elementary teacher digital literacy competence on teacher learning management. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 35-43.
Miatun, A., Ulfah, S., & Khusna, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Liveworksheets Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 975-984.
Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 126-133.
Purwati, E., & Sukirman, D. (2024). Teacher competence development in Kurikulum Merdeka implementation: A literature study. Inovasi Kurikulum, 21(1), 41-54.
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033-5045.
Susilawati, S., Asyiah, N., & Iskandar, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet bagi Guru SD. Warta LPM, 388-396.
Suttrisno, S., & Yulia, N. M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka/Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. Al-Mudarris: Journal Of Education, 5(1), 30-44.
Biografi Penulis
Dira Ayu Annisa, Universitas Khairun
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dira Ayu Annisa, Muliadi, Linda Kurnia Mustafa, Kholipatul Hasanah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).