Penyuluhan kesehatan, pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Penulis

Lalu Fauzan Adi Yuliansyah

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.9499

Diterbitkan:

2025-01-30

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025

Kata Kunci:

Penyuluhan Kesehatan, Hidup Bersih.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Yuliansyah, L. F. A. (2025). Penyuluhan kesehatan, pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 65–68. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.9499

Metrik

Jumlah akses PDF
26
Jan 31 '25Feb 01 '25Feb 04 '25Feb 07 '25Feb 10 '25Feb 13 '25Feb 16 '25Feb 19 '25Feb 22 '25Feb 25 '25Feb 28 '254.0
|

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran santri di Pondok Tahfiz Kampung Sahabat Al-Qur'an, Desa Suka Makmur, Gerung, Lombok Barat, mengenai pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan, sanitasi yang kurang memadai, serta minimnya pengetahuan mengenai perilaku hidup sehat di lingkungan pondok pesantren. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan penyuluhan berbasis edukasi interaktif dengan pendekatan partisipatif, yang meliputi ceramah, diskusi, simulasi praktik cuci tangan yang benar, serta demonstrasi pengelolaan sanitasi dan pola makan sehat. Metode ini bertujuan agar santri tidak hanya memahami konsep PHBS secara teoritis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan sikap santri terhadap PHBS, yang ditunjukkan melalui perubahan perilaku dalam menjaga kebersihan diri, lingkungan, serta penerapan pola makan sehat. Selain itu, terjadi peningkatan kesadaran kolektif dalam menjaga kebersihan pondok, dengan adanya inisiatif santri untuk menerapkan jadwal kebersihan dan penggunaan sarana sanitasi yang lebih baik. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan dampak positif dalam membangun kebiasaan hidup sehat di kalangan santri serta diharapkan dapat berkelanjutan melalui pembentukan kader kesehatan santri yang bertanggung jawab dalam mendukung keberlanjutan program PHBS di lingkungan Pondok Tahfiz Kampung Sahabat Al-Qur'an.

Referensi

Amelia, A., Siska, D., & Utami, R. T. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(8), 3479-3484.

Aryawati, W., HS, A. N., Adelia, D., Oktavianasari, F., Alamzarwati, M., Syifa, M. R., ... & Saputri, R. (2024). Pengabdian pada Santri Pondok Pesantren Darul Huffaz tentang Kebersihan Toilet dan Cuci Tangan Pakai Sabun. Abdimas Universal, 6(1), 33-38.

Farhaeni, M. (2021). Kajian Penanganan Kasus Pandemi Covid-19 Di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Dan Bali Umumnya. COVID-19: Perspektif Hukum, 21.

Kabanga, T., Tulak, T., Linggi, L. R. A., Maharani, Y., & Leke, R. B. (2024). BERMAIN DAN BELAJAR: PROGRAM PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK SD MELALUI AKTIVITAS EDUKATIF. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 6(1), 410-417.

Niswar, D., & Kasmawati, K. (2025). Sosialisasi Pemanfaatan Puding Daun Kelor sebagai Makanan Pendamping Asi dan Gizi untuk Mencegah Stunting. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(2), 312-322.

Perawironegoro, D. (2019). Manajemen asrama di pesantren. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 129-144.

Biografi Penulis

Lalu Fauzan Adi Yuliansyah, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Lalu Fauzan Adi Yuliansyah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).