Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso

Penulis

Vega Kartika Sari , Riza Yuli Rusdiana , Widya Kristiyanti Putri

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.952

Diterbitkan:

2021-09-13

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Learning Media, Canva, Teachers

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The use of learning media by utilizing technology is very important needed during a pandemic. Learning media can be in the form of visual, audio, and audio visual. Attractive learning media can create memorable and easier-to-understand learning activities. Canva is a graphic design application that helps users to create various types of creative materials online. Using Canva as a learning medium can make it easier for teachers to design learning media. Almost all teachers at SMPN 1 Tegalampel have not been able to make video-based learning media so that the delivery of material to students is still low. This activity aims to provide training in making learning media using Canva for teachers at SMPN 1 Tegalampel, Bondowoso. The training activities were carried out in several stages, namely socialization, practice, and evaluation. The results of the activity showed that the training participants got an increase in knowledge and skills related to learning media using the Canva application.

Referensi

Cahyani, A. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1).

Febrianto, G.L., Sulton., dan Praherdiono, H. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 149- 157.

Resmini, S., Satriani, I., dan Rafi, M. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4 (2): 335-343

Setiawan, B.A., dan Jatmikowati, T.E. 2021. Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru di SMA Baitul Arqom. Abdi Indonesia, 1(1):1-8

Sinsuw, A.A.E., dan Sambul, A.M. 2017. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(3), 105-110.

Tanjung, R.E., dan Faiza, D. 2019. Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85.

Wartomo, W. 2016. Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VII, (November).

Biografi Penulis

Vega Kartika Sari, Universitas Jember

Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Riza Yuli Rusdiana, Universitas Jember

Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Widya Kristiyanti Putri, Universitas Jember

Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).