Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Peningkatan Kemampuan Tutor dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal

Penulis

Rizka Donny Agung Saputra , Sopan Hidayat , Hamdani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9565

Diterbitkan:

2024-11-29

Unduhan

Abstrak

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para tutor dalam mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal melalui pelatihan Canva. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi observasi, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi dan monitoring. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan ini secara efektif meningkatkan kompetensi para tutor, dengan 85,7% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan mereka, dan 64,3% peserta menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan praktis dan mudah digunakan oleh siswa. Kesimpulannya, pelatihan ini berdampak positif dengan membekali tutor keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pembelajaran.

Kata Kunci:

e-modul, local wisdom, Canva, tutor training, learning media

Referensi

Ali, Lalu Usman, and Muhammad Zaini. 2023. “Development of Interactive E-Modules Based on Local Wisdom Using Android to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS).” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9(11):10091–100. doi: 10.29303/jppipa.v9i11.4515.

Delita, Fitra, Nurmala Berutu, and Nofrion. 2022. “Online Learning: The Effects of Using E-Modules on Self-Efficacy, Motivation and Learning Outcomes.” Turkish Online Journal of Distance Education 23(4):0–3. doi: 10.17718/tojde.1182760.

Hartatiana, Hartatiana, and Ambarsari Kusuma Wardani. 2024. “Bagaimana Respon Siswa Terhadap E-Modul Matematika Dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan?” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 8(1):73–86. doi: 10.35706/sjme.v8i1.10787.

Hidayat, S., Muktiarni., Zuliana., Rahayu, S. (2023). Teknologi Pendidikan Jarak Jauh (A. Gafur (ed.); Pertama). Zahir Publishing.

Hidayat, S., & Agung, S. R. D. (2023). Eksplorasi Kesiapan Dosen Dalam Penerapan Pembelajaran Berbantuan Lms Berbasis Google Sites. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1316–1321. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.5084

Mudinillah, Adam, and M. Rizaldi. 2021. “Using the Canva Application as an Arabic Learning Media at SMA Plus Panyabungan.” At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam 7(2):95–106. doi: 10.55849/attasyrih.v7i2.67.

Rahmawati, Lailia, Nur Ambulani, Wenny Desty Febrian, Reviandari Widyatiningtyas, and Rauza Sukma Rita. 2024. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Communnity Development Journal 5(1):129–36. doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24151.

Suastrawan, Komang Edi, I. Nyoman Suardana, and A. A. I. Agung Rai Sudiatmika. 2021. “The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills.” Journal of Science Education Research 5(2):1–9. doi: 10.21831/jser.v5i2.42877.

Wiyanarti, Erlina, Mina Holilah, Trisha Fauziah Zahra, and Shakila Che Dahalan. 2024. “Development of an E-Module Based on Local Wisdom Ethnoastronomy in the Digital Era To Strengthen the Pedagogical Competence of Social Studies Teachers.” Journal of Engineering Science and Technology 19(4):1280–1301.

Biografi Penulis

Hamdani, 2Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Cordova University

Cara Mengutip

Rizka Donny Agung Saputra, Sopan Hidayat, & Hamdani. (2024). Peningkatan Kemampuan Tutor dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1325–1329. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9565