Peningkatan Kemampuan Tutor dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal

Penulis

Rizka Donny Agung Saputra , Sopan Hidayat , Hamdani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9565

Diterbitkan:

2024-11-29

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

e-modul, local wisdom, Canva, tutor training, learning media

Artikel

Cara Mengutip

Rizka Donny Agung Saputra, Sopan Hidayat, & Hamdani. (2024). Peningkatan Kemampuan Tutor dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1325–1329. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9565

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para tutor dalam mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal melalui pelatihan Canva. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi observasi, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi dan monitoring. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan ini secara efektif meningkatkan kompetensi para tutor, dengan 85,7% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan mereka, dan 64,3% peserta menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan praktis dan mudah digunakan oleh siswa. Kesimpulannya, pelatihan ini berdampak positif dengan membekali tutor keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pembelajaran.

Referensi

Ali, Lalu Usman, and Muhammad Zaini. 2023. “Development of Interactive E-Modules Based on Local Wisdom Using Android to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS).” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9(11):10091–100. doi: 10.29303/jppipa.v9i11.4515.

Delita, Fitra, Nurmala Berutu, and Nofrion. 2022. “Online Learning: The Effects of Using E-Modules on Self-Efficacy, Motivation and Learning Outcomes.” Turkish Online Journal of Distance Education 23(4):0–3. doi: 10.17718/tojde.1182760.

Hartatiana, Hartatiana, and Ambarsari Kusuma Wardani. 2024. “Bagaimana Respon Siswa Terhadap E-Modul Matematika Dengan Konteks Budaya Sumatera Selatan?” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 8(1):73–86. doi: 10.35706/sjme.v8i1.10787.

Hidayat, S., Muktiarni., Zuliana., Rahayu, S. (2023). Teknologi Pendidikan Jarak Jauh (A. Gafur (ed.); Pertama). Zahir Publishing.

Hidayat, S., & Agung, S. R. D. (2023). Eksplorasi Kesiapan Dosen Dalam Penerapan Pembelajaran Berbantuan Lms Berbasis Google Sites. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1316–1321. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.5084

Mudinillah, Adam, and M. Rizaldi. 2021. “Using the Canva Application as an Arabic Learning Media at SMA Plus Panyabungan.” At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam 7(2):95–106. doi: 10.55849/attasyrih.v7i2.67.

Rahmawati, Lailia, Nur Ambulani, Wenny Desty Febrian, Reviandari Widyatiningtyas, and Rauza Sukma Rita. 2024. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Communnity Development Journal 5(1):129–36. doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24151.

Suastrawan, Komang Edi, I. Nyoman Suardana, and A. A. I. Agung Rai Sudiatmika. 2021. “The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills.” Journal of Science Education Research 5(2):1–9. doi: 10.21831/jser.v5i2.42877.

Wiyanarti, Erlina, Mina Holilah, Trisha Fauziah Zahra, and Shakila Che Dahalan. 2024. “Development of an E-Module Based on Local Wisdom Ethnoastronomy in the Digital Era To Strengthen the Pedagogical Competence of Social Studies Teachers.” Journal of Engineering Science and Technology 19(4):1280–1301.

Biografi Penulis

Hamdani, 2Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Cordova University

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Rizka Donny Agung Saputra, Sopan Hidayat, Hamdani Muhammad

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).