Sosialisasi Mitigasi Bencana Menggunakan Pengembangan Game Edukasi Kebakaran Di SDN Serengat Praya
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9598Diterbitkan:
2024-12-02Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
fire, educational games, disaster mitigation, early childhood, preventionArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kebakaran merupakan salah satu bencana yang signifikan, menyebabkan kerugian besar bagi lingkungan dan manusia. Berdasarkan data BNPB, pada tahun 2019 terdapat 757 kasus kebakaran di Indonesia, dengan korsleting listrik sebagai penyebab utama. Edukasi pencegahan kebakaran menjadi penting, terutama bagi anak usia dini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan edukasi kepasa anak, salah satunya adalah game. Game edukasi berbasis android dapat meningkatkan kesadaran anak-anak tentang bahaya kebakaran dan mitigasi kebakaran melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Tujuan utama dari sosialisai ini adalah memberikan edukasi kepada anak-anak terkait kebakaran untuk meningkatkan kesadaran anak-anak usia dini mengenai risiko dan bahaya kebakaran melalui pendekatan yang menarik dan interaktif berbasis game. Hasil pengimplementasian dalam sosialisasi ini ialah dapat membantu anak-anak memahami risiko kebakaran serta mendorong perilaku yang lebih aman di masa depan.
Referensi
dan Lahan di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengan. Journal of Tropical Silviculture, 14(01), 25–29. https://doi.org/10.29244/j-siltrop.14.01.25-29
Wijaya, D., Haryanto, H., Astuti, E. Z., & Wijanarto, W. (2021). Algoritme Genetika untuk Desain Level Dinamis pada Game Edukasi Kebakaran Hutan. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.34010/komputika.v10i1.3586
Biografi Penulis
Ridho Budi Prasetyo, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ridho Budi Prasetyo, Fadhillah, Giri, Agung , Zora, Rezaldy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).