RecRead: Inovasi Digital untuk Rekomendasi Bacaan Melalui Platform Cerdas Berbasis Serverless

Penulis

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9609

Diterbitkan:

2024-12-02

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Recread, Transformasi Digital, Rekomendasi Bacaan, Analisis Sentimen, Platform Serverless, Pemberdayaan Pengguna, Pengalaman membaca Daring

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ramadan, S. W., & Nrartha, I. M. A. (2024). RecRead: Inovasi Digital untuk Rekomendasi Bacaan Melalui Platform Cerdas Berbasis Serverless. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1573–1577. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9609

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi telah mendorong transformasi dalam berbagai sektor, termasuk dalam pengelolaan dan rekomendasi bacaan. Aplikasi RecRead menggunakan arsitektur serverless untuk mendukung pengembangan dan pemeliharaan aplikasi tanpa perlu pengelolaan server yang kompleks. Serverless Computing, seperti yang diterapkan melalui layanan Google Cloud Platform (GCP) dengan Google Cloud Run dan Google App Engine, memungkinkan pengembang memanfaatkan infrastruktur cloud secara otomatis yang mengurangi beban pemeliharaan dan biaya. Aplikasi RecRead menyediakan fitur untuk analisis sentimen dari ulasan pembaca, membantu pengguna memilih novel yang sesuai dengan preferensi mereka. Dengan layanan serverless, aplikasi ini mampu mengelola lalu lintas pengguna secara dinamis dan efisien melalui pendekatan pay-as-you-go. Program ini juga berfungsi sebagai sarana pembelajaran keterampilan teknologi di Bangkit Academy, meliputi keterampilan komputasi awan dan pengembangan aplikasi berbasis RESTful API dengan menggunakan teknologi machine learning untuk analisis sentimen. Hasilnya menunjukkan bahwa arsitektur serverless tidak hanya mempercepat proses pengembangan, tetapi juga meningkatkan skalabilitas aplikasi dalam mendukung kebutuhan pengguna yang terus berkembang.

Referensi

Cakrawala, Ahmad Fauzi Abdul Rahman. 2015. “Cloud Computing: Konsep dan Aplikasi”. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dedy. S. A. 2017. “The Power of Owncloud membangun dan mengelola sendiri Teknologi Cloud di Lingkungan Pengguna”. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Elcom. 2012. “Cloud Computing Aplikasi berbasis Web yang mengubah cara kerja dan kolaborasi pengguna secara Online”. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Nuril'Abidah, I., Hamdani, M. A., & Amrozi, Y. (2020). Implementasi sistem basis data cloud computing pada sektor pendidikan. KELUWIH: Jurnal Sains dan Teknologi.

Pratama, F. (2019). RESTful API sebagai Solusi Integrasi Data pada Aplikasi Mobile. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi.

Richardson, Leonard, dan Sam Ruby. “RESTful Web Services”. O'Reilly Media, 2007.

Santoso, D. (2020). Serverless Computing dan Efisiensi Infrastruktur pada Aplikasi Skala Besar. Jurnal Teknologi Cloud Computing.

Smith, John. “Serverless Computing: Konsep, Manfaat, dan Tantangan”. Jurnal Teknologi Informatika, vol. 10, no. 3, 2022.

Tutang. 2014. “Sistem Operasi Cloud Computing dengan Windows Azure”. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Biografi Penulis

Sulfi Wahyudi Ramadan, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Sulfi Wahyudi Ramadan, I Made Ari Nrartha

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).