Simulasi Penerapan Media Pembelajaran Real Untuk Mengembangkan Kreativitas Guru di SMA Negeri 2 Jonggat

Penulis

Susilawati , Aris Doyan , Kosim , Muhammad Taufik , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Husnul Fuadi , Fahmi Firdaus , Irman Muliadi , Samsul Afandi , Sheiliana Iqlima , Jaswadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.9676

Diterbitkan:

2025-06-13

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Media Pembelajaran; Real; Kreativitas Guru; Pengabdian Masyarakat; SMA Negeri 2 Jonggat.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Susilawati, Doyan, A., Kosim, Taufik, M., Verawati, N. N. S. P., Fuadi, H., … Jaswadi. (2025). Simulasi Penerapan Media Pembelajaran Real Untuk Mengembangkan Kreativitas Guru di SMA Negeri 2 Jonggat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 489–495. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.9676

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, membuka peluang bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif. Namun, banyak guru di SMA Negeri 2 Jonggat Lombok Tengah masih menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan media pembelajaran berbasis real (konvensional). Kegiatan ini bertujuan untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berupa simulasi penerapan media pembelajaran real dan virtual kepada guru-guru di SMA Negeri 2 Jonggat. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru dalam merancang dan mengimplementasikan metode pembelajaran yang lebih inovatif, efektif, dan menarik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan berbasis simulasi, yang melibatkan presentasi materi, diskusi interaktif, dan praktik langsung penggunaan media pembelajaran. Evaluasi dilakukan dengan mengamati perubahan kreativitas dan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang baru. Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam mengintegrasikan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan menyenangkan. Melalui kegiatan ini, diharapkan tercipta peningkatan kualitas pengajaran yang pada akhirnya dapat memajukan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jonggat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas guru di SMA Negeri 2 Jonggat terhadap penerapan media pembelajaran real. Selain itu, pihak sekolah menunjukkan dukungan aktif dengan menyediakan pembelajaran inovatif lanjutan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

Referensi

Agustian, Y., & Saraswati, D. L. (2023). Pembuatan Alat Peraga Roda Energi Guna Mempermudah Proses Pembelajaran IPA Terpadu. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 359-366.

Ariawan, S., Pradana, A. B. A., & Tawil, T. (2021). Pengaruh blended learning flex model berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem. Borobudur Educational Review, 1(1), 42-52.

Arief, M. (2024). Realisasi Konsep Dasar Belajar, Mengajar sebagai Penguatan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sd/mI. Ar-Raihan Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(01).

Delvia, M., Kustati, M., Amelia, R., Elijonnahdi, E., & Sartini, T. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Media Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kompetensi Guru PAI SD. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 266-277.

Doyan, A., Mahrus, M., Susilawati, S., Akhzami, R. R. A., Andayani, Y., & Muntari, M. (2023). Pelatihan Project Based Learning Tentang †œStek Tanaman†di SMAS Attohiriyah Bodak untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Unram Journal of Community Service, 4(2), 52-55.

Doyan, A., Susilawati, S., Zuhdi, M., Taufik, M., Gunada, I. W., & Mustofa, H. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNRAM. Unram Journal of Community Service, 2(4), 89-94.

Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Mega Press Nusantara.

Handayani, S. (2024). Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Melalui Lesson Study Di Kelas 4 Sd Negeri Cimunding 02. Jguruku: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), 461-470.

Wardhani, A. K., Raharjo, T. J., Yulianto, A., & Widiarti, N. (2024). Studi literatur: pengembangan kota geometri board sebagai alat peraga pemahaman konsep matematika di Sekolah Dasar. Didactical Mathematics, 6(1), 80-87.

Biografi Penulis

Susilawati, Universitas Mataram

Aris Doyan, Universitas Mataram

Kosim, Universitas Mataram

Muhammad Taufik, Universitas Mataram

Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Universitas Mataram

Husnul Fuadi, Universitas Mataram

Fahmi Firdaus, Universitas Mataram

Irman Muliadi, Universitas Mataram

Samsul Afandi, Universitas Mataram

Sheiliana Iqlima, Universitas Mataram

Jaswadi, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Susilawati, Aris Doyan, Kosim, Muhammad Taufik, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Husnul Fuadi, Fahmi Firdaus, Irman Muliadi, Samsul Afandi, Sheiliana Iqlima

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).