Pemanfaatan Gelas Plastik Menjadi Net Pot Hidroponik Bernilai Ekonomis Berbasis Zero Waste di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Baiq Rani Dewi Wulandani , Dinda Komala Citra , Zuhaeratun Anwariah , Maesa Dita Ulpiana

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.974

Diterbitkan:

2021-09-21

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Limbah gelas plastik, Hidroponik, Sistem Wick.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wulandani, B. R. D., Citra, D. K., Anwariah, Z., & Ulpiana, M. D. (2021). Pemanfaatan Gelas Plastik Menjadi Net Pot Hidroponik Bernilai Ekonomis Berbasis Zero Waste di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.974

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Limbah rumah tangga di Kelurahan Semayan belum dimanfaatkan terutama bekas limbah gelas plastik. Limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, tujuan program pengabdian ini adalah pemanfaatan bekas limbah gelas plastik sebagai media tanam budidaya tanaman dengan teknologi hidroponik. Dalam kegiatan ini kami menggunakan metode yang biasa dipakai oleh pemula, yaitu sistem wick . Sistem ini bekerja baik buat tumbuhan dan tanaman kecil. Hasil yang dicapai dalam program ini adalah warga sekitar dapat memahami dan mengerti cara menanam packcy dan selada dengan cara hidroponik sederhana yang tidak memerlukan banyak biaya dan perawatan yang sulit, karena dalam praktiknya budidaya tanaman packcoy sangat mudah dilakukan. Limbah gelas plastik dapat dimanfaatkan sebagai media tanam hidroponik. Penanaman hidroponik dapat meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan limbah plastik. Budidaya tanaman hidroponik dengan memanfaatkan limbah plastik dapat mengurangi sampah yang mestinya dibuang dan menjadi limbah yang tidak ada nilai ekonomisnya. Selain itu, budidaya dengan sistem ini dapat juga mengoptimalkan pekarangan rumah meskipun kecil dan kedepannya dapat bermanfaat untuk perekonomian warga.

Referensi

Heriyanti, A. P., S, A. A., Ardianti, A., Wulandari, D., P, E. T., Susiyanti, E., et al. (n.d.). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Tanaman Hidroponik Sistem Wick Di Desa Domplang .

Sariwati, A., Shofi, M., & Badriah, L. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Media Pertumbuhan Tanaman Hidroponik. Journal of Community Engagement and Employment, 01(01), 6-13.

Aziz, A. H., Watsofi, I., AlFarisi, N. H., Nurfakih, R. A., & Sulistiani, S. (n.d.). Pemberdayaan Mayarakat Desa Klampok Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Edukasi Budidaya Sayuran Pakcoy (BrassicarapaL.) DenganTeknik Hidroponik Secara Daring.

Masduki , A. (2017). Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit Di Dusun Randubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Jurnal Pemberdayaan, 01(02), 185-192.

Romadhona, S., Sudibya, J., Sutikto, T., Mutmainnah, L., & Rambi, A. (2019). Pemanfaatan Limbah Gelas dan Botol Plastik Sebagai Media Tanam Penunjang Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pembentukan Kampung Hidroponik di Lahan Rawa. Warta Pengabdian, 13(4), 147-156.

Putri, S. (2021, Juni 3). Teknik Penyemaian Benih Sayuran. Retrieved September 18, 2021, from https://pertanian.jogjakota.go.id.

Biografi Penulis

Baiq Rani Dewi Wulandani, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).