Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pembinaan Olimpiade Kimia Berdasarkan Pemetaan Konsep Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Penulis

Yunita Arian Sani Anwar , Eka Junaidi , Muti’ah Muti’ah

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.9759

Diterbitkan:

2025-06-03

Unduhan

Abstrak

Olimpiade sains nasional merupakan kompetisi yang setiap tahun diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan pada semua jenjang pendidikan. Kegiatan ini dibagi dalam seleksi mulai dari Tingkat sekolah, kabupaten, provinsi hingga nasional. Setiap tahunnya sekolah menyelenggarakan kegiatan pembinaan untuk menghasilkan peserta yang berkualitas dan dapat bersaing dengan sekolah lain. Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menguasai soal-soal olimpiade. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap penelusuran pengetahuan awal siswa terhadap penguasaan soal olimpiade; tahap pemetaan konsep; tahap pembinaan dan tahap evaluasi. Hasil pembinaan menunjukkan semangat dan ketertarikan dalam mendalami soal olimpiade. Konsep stoikiometri dan kimia organik menjadi fokus pembinaan karena hasil pemetaan menunjukkan tingkat penguasaan terendah. Hasil post-test menunjukkan hasil yang lebih baik dalam penguasaan konsep terutama pada bidang organic. Siswa juga dapat mengukur kesukaan dan kelebihan mereka terhadap konsep-konsep yang diujikan

Kata Kunci:

Kimia Organik, Olimpiade Kimia, Pemetaan Konsep, Stoikiometri

Referensi

Balai Pengembangan Talenta Indonesia. (2023). Pedoman Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMA/MA. Jakarta: Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Machado, C. T., & Carvalho, A. A. (2020). Concept Mapping: Benefits and Challenges in Higher Education. The Journal of Continuing Higher Education, 68(1), 38–53. https://doi.org/10.1080/07377363.2020.1712579

Oladejo, A.I., Ademola, I.A., Ayanwale, M.A.,& Tobih, D. (2023). Concept difficulty in secondary school chemistry – An intra-play of gender, school location and school type. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 255-275. https://doi.org/10.3926/jotse.1902

Oladejo, A.I., Okebukola, P.A., Olateju, T.T., Akinola, V.O., Ebisin, A., & Dansu, T.V. (2022). In Search of Culturally Responsive Tools for Meaningful Learning of Chemistry in Africa: We Stumbled on the Culturo-Techno-Contextual Approach. Journal of Chemical Education, 99(8), 2919-2931. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.2c00126

Tim Olimpiade Kimia Indonesia. (2023). Silabus Olimpiade Kimia Indonesia. Jakarta: Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Torre, D., German, D., Daley, B., & Taylor, D. (2023). Concept mapping: An aid to teaching and learning: AMEE Guide No. 157. Medical Teacher, 45(5), 455–463. https://doi.org/10.1080/0142159X.2023.2182176

Tschisgale, P., Steegh, A., Kubsch, M., Petersen, S., & Neumann, K. (2024). Towards a more individualised support of sciencecompetition participants – identification and examination ofparticipant profiles based on cognitive and affective characteristics. International Journal of Science Education, 46(16), 1757-1781. Doi: https://doi.org/10.1080/09500693.2023.2300147

Steegh, A., Höffler, T., Höft, L., & Parchmann, I. (2021). Exploring science competition participants’ expectancy-value perceptions and identification: A latent profile analysis. Learning and Instruction, 74. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101455

Biografi Penulis

Yunita Arian Sani Anwar, Universitas Mataram

Eka Junaidi, Universitas Mataram

Muti’ah Muti’ah, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Muti’ah, M. (2025). Pembinaan Olimpiade Kimia Berdasarkan Pemetaan Konsep Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 379–385. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.9759