Membangun Kreativitas Dan Jiwa Kewirausahaan Anak Panti Asuhan Melalui Kegiatan Meronce

Penulis

Andry Marroan H Sinaga , Dinda Rosanty , Herlita Andriani Sitohang , Elida Damai M. Parhusip , Lince Nora Yenny Barus , Norasi Wita Simanjuntak , Welrino Sitinjak , Teguh Satria Amin , Nurhafni Siregar

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9803

Diterbitkan:

2024-12-24

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

proyek kepemimpinan, kreativitas, jiwa kewirausahaan, meronce

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sinaga, A. M. H., Dinda Rosanty, Herlita Andriani Sitohang, Elida Damai M. Parhusip, Lince Nora Yenny Barus, Norasi Wita Simanjuntak, … Nurhafni Siregar. (2024). Membangun Kreativitas Dan Jiwa Kewirausahaan Anak Panti Asuhan Melalui Kegiatan Meronce. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1864–1867. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9803

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Dalam Era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, pengembangan kreativitas dan jiwa kewirausahaan menjadi semakin penting, terutama bagi anak-anak yang berada di panti asuhan. Artikel ini membahas sebuah proyek kepemimpinan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa dari Universitas Muslim Nusantara yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan membangun jiwa kewirausahaan pada anak-anak Panti Asuhan Sendoro di Medan. Proyek ini menggunakan kegaiatan meronce sebagai media untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan pemahaman dasar kewirausahaan. Melalui proyek ini, diharapkan anak-anak panti asuhan dapat memperoleh keterampilan yang berguna untuk masa depan mereka serta meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian

Referensi

Ambarwari, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun jiwa kewirausahaan di era milenial bagi mahasiswa Institut Stiami Kampus Tanggerang Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140-144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736

Anggraeni, E.P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85-93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864

Purwaningsih, TW., & Aang. (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa terhadap Kerajinan Tangan Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha. Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1083-1089. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/3729

Putri, T. A. (2023). Pengaruh kegiatan meronce dan kolase terhadap resiliensi anak RA kelas B di RA Muslimat Al- Wasliyah Kota Tebing Tinggi [Tesis Magister, Universitas Medan Area]. Universitas Medan Area Repository.

Biografi Penulis

Andry Marroan H Sinaga, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Dinda Rosanty, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Herlita Andriani Sitohang, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Elida Damai M. Parhusip, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Lince Nora Yenny Barus, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Norasi Wita Simanjuntak, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Welrino Sitinjak, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Teguh Satria Amin, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Nurhafni Siregar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Andry Marroan H Sinaga, Dinda Rosanty, Herlita Andriani Sitohang, Elida Damai M. Parhusip, Lince Nora Yenny Barus, Norasi Wita Simanjuntak, Welrino Sitinjak, Teguh Satria Amin, Nurhafni Siregar, hilda_wahyuni25

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).