Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dengan Bioteknologi EM4 (Effekctive Microorganism) untuk Pengolahan Limbah Ternak di Kelompok Pemuda Mandiri Bug-Bug Lingsar Lombok Barat

Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi , Agil Al Idrus , Lalu Muhyi Abidin , Lale Yaquttunafis , Baiq Salkiyah

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.981

Diterbitkan:

2021-09-27

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Pelatihan, Pupuk Organik, Bioteknologi Em4, Pengolahan Limbah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ilhamdi, M. L., Idrus, A. A., Abidin, L. M., Yaquttunafis, L., & Salkiyah, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dengan Bioteknologi EM4 (Effekctive Microorganism) untuk Pengolahan Limbah Ternak di Kelompok Pemuda Mandiri Bug-Bug Lingsar Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.981

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Beternak merupakan salah satu aktivitas kelompok pemuda mandiri (PKM) Bug-Bug Lingsar Lombok Barat. Aktivitas  ini  menghasilkan limbah ternak yang dapat mengotori lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Limbah dapat berupa kotoran padat, cair maupun bekas sisa-sisa makanan ternak. Salah satu upaya pemanfaatan limbah ini adalah menjadikannya pupuk organic dengan bioteknologi EM4. Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Pemuda Mandiri Bug-Bug Lingsar Lombok Barat adalah belum mengetahui cara mengolah limbah ternaknya menjadi pupuk organik.   Tujuan kegiatan adalah untuk melatih  anggota KPM membuat pupuk organic dari limbah ternak  dengan bioteknologi EM. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan, praktek dan pendampingan masyarakat mitra pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan pembuatan pupuk organik dengan  bioteknologi EM4 (Effekctive Microorganism) untuk pengolahan  limbah ternak  dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  anggota KPM  dan  pembuatan pupuk organik sudah dapat dilakukan dengan baik oleh KPM serta implementasi penggunaan teknologi EM-4 di KPM  dapat 100 % mengatasi  limbah ternak  untuk dijadikan pupuk organik.

Referensi

Anonim, 2021, http://diperta.ntbprov.go.id/data_base/pupuk_organik.htm, diambil pada tanggal 1 April 2021, pukul 09.00

Anonim, 2021, http://www.suarantb.com/2010/07/22/Sosial/detil5%201.html, diambil pada tanggal 5 April 2021 pukul 11.00

Anonim, 2021, http : komoditas sentra. Kabupaten Lombok Barat. diambil pada tanggal 10 April 2021, pukul 10.00

HigaTeruo, 1998, Materi Latihan Teknologi EM, Departemen Pertanian, Jakarta.

Husain, D. Sukarsono, N. Mahmudati. 2014. Pengaruh Jumlah Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) dan Waktu Pengomposan Terhadap Kandungan NPK Limbah Media Tanam Jamur Tiram sebagai Bahan Ajar Biologi. Jurnal pendidikan biologi indonesia, Vol.1 (1):1-8

Parnata, A. S. 2004. Pupuk Organik Cair Aplikasi dan Manfaatnya. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Sardjoko, 1991, Bioteknologi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Biografi Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi, Universitas Mataram

Lale Yaquttunafis, Universitas Nahdlatul Wathon Mataram

Baiq Salkiyah, Universitas Nahdlatul Wathon Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).