Modul Inspirasi Kegiatan Kampus Merdeka Inbound 4 Universitas Mataram Untuk Peningkatan Kreativitas dan Inovasi
Modul Inspirasi Kegiatan Kampus Merdeka Inbound 4 Universitas Mataram Untuk Peningkatan Kreativitas dan Inovasi
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9827Diterbitkan:
2024-12-18Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
inspirasi, inovasi, kreativitas, pertukaran mahasiswa merdeka, universitas mataramArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan modul inspirasi merupakan suatu kegiatan berbagi informasi dari narasumber yang ahli dibidangnya dan sudah dipilih oleh kampus penerima. Kegiatan modul inspirasi merupakan 2 dari 16 kegiatan program pertukaran mahasiswa merdeka. Kebhinekaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas mahasiswa yang didapat dari narasumber yang ahli dibidangnya Kegiatan inspirasi ini dilaksakanan oleh 1 orang dosen modul nusantara, 2 orang nara sumber, 1 orang liassion officer dan 23 orang mahasiswa peserta modul nusantara. Kegiatan inspirasi dilaksanakan sebanyak dua kegiatan. Dua kegiatan inspirasi yang dilakukan yaitu Talk show bersama pegiat seni dan pariwisata NTB "Lalu Suryadi Mulawarman, S.Sn, M.M" dan Talkshow bersama Runner up 2 Duta Lingkungan Hidup NTB tahun 2023 "Arinda Mariza, S.M". Dua kegiatan ini dilaksanakan pada dua waktu yaitu 12 mei 2024 dan 19 mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dialog interaktif dan aktraktif. Lalu Suryadi Mulawarman, S.Sn, M.M menampilkan seni sasak lombok yang dikemas secara kontemporer. Arinza Mariza, S.M mengenalkan aksi kegiatan anak muda dalam menjaga lingkungan. Mahasiswa terlihat sangat antusias dan terinspirasi pada dua narasumber tersebut
Referensi
Abidin, J., Hasibuan, E. A., & Elwendi. (2022). Pentingnya Kesadaran Untuk Peduli Untuk Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 59–65. https://doi.org/10.1234/jurnal nauli.v1i3.921
Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan. Modul, 18(2), 75. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82
I gede Yudarta, I. nyoman P. (2015). Sebagai Identitas Budaya Sasak. Journal, 3, 367–375.
Kurnianto, A. M., Indrianti, D. T., & Ariefianto, L. (2020). Peran Sanggar Seni Pemuda Edi Peni Dalam Pelestarian Budaya Lokal Di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 59. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16803
Nasution, A. A., Lubis, A. P., & Zulnaidi. (2022). Sanggar Sebagai Alat Menumbuhkan Karakter Berbudaya Generasi Muda. TALENTA Conference Series, 5(2). https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1351
Suganda, D. (2019). Budaya Sebagai Landasan Kreativitas. PARAGUNA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Pemikiran, Dan Kajian Tentang Seni Karawitan, 6(1), 62–73.
Widiyanto, B., Astuti, R. K., & Arfiani, Y. (2017). Program Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Duta Lingkungan Hidup Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 40–51. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.303
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurmi Hasbi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).