Pendampingan Latihan Praktek Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9849Diterbitkan:
2024-12-11Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Pendampingan, latihan praktek mengajarArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Mengajar berkaitan dengan kemampuan guru dalam menguasai materi dan keterampilan dasar mengajar. Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih mahasiswa calon guru melakukan praktek mengajar sebagai persiapan praktek lapangan persekolahan. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unram, semester 6 kelas A sebanyak 23 orang yang mengambil matakuliah Pengajaran Mikro pada tahun ajaran 2023/2024. Pada waktu pelaksanaan praktek, mahasiswa dalam kelas dibagi menjadi tiga peran yaitu satu orang sebagai guru, dua orang sebagai pengamat dan sisanya sebagai siswa. Mahasiswa yang berperan sebagai pengamat, mengamati pembelajaran dari awal hingga akhir menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Hasil pengamatan menunjukkan mahasiswa sudah melaksanakan pembelajaran dengan tahapan pendahuluan, inti dan penutup, semua keterampilan dasar mengajar sudah terlaksana, walaupun indikator pada beberapa aspek keterampilan masih harus ditingkatkan keterlaksanaannya dengan terus berlatih. Dapat disimpulkan, mahasiswa sudah siap untuk melaksanakan praktek persekolahan di sekolah yang sebenarnya.
Referensi
Antika, L. T., & Haikal, M. (2019). Keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi: Analisis berbasis gender. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 101-107.
Arqam, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. In Jurnal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 1-8). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar.
Elprida, S. K., Sujana, I. W., Tirtayani, L. A., & Psi, M. (2018). Pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap perilaku disiplin pada anak usia dini kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 11-20.
Hakim, N., Setiawan, T. A., Febriansyah, A., Huda, N., Dewi, E. S., Sa'diyah, H., & Azizah, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 52-62.
Indriani, D., Djahir, Y., & Barlian, I. (2018). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 27 OKU. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 131-143.
Kurniawati, J., Iriani, T., & Murtinugraha, R. E. (2023). Analisa Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Untuk Calon Guru Vokasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(05), 294-307.
Rambe, A. H., Karina, S. T., Al-Hafidz, I., Annisa, G., & NST, T. A. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Tadris Biologi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9178-9185.
Saidah, I. N. A., & Ngazizah, N. (2022). Analysis of small group and individual teaching skills students of microteaching learning. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(3), 143-151.
Setiawan, TA. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognotif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Bioeducation, 7(1). 8-13. DOI: http://dx.doi.org/10.29406/.v7i1.1724
Sugihartini, N., Sindu, G. P., Dewi, K. S., Zakariah, M., & Sudira, P. (2020). Improving Teaching Ability with Eight Teaching Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 394(1), 306–310.
Usman, M. (2002). Menjadi guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wulantina, E., Soeseno, Z., Arsita, F., Loviana, S., Amri, A., & Merliza, P. (2020). Introduction to Realistic Mathematics to Communities Learning in Iringmulyo District. Bakti Cendana, 3(1), 50-61. https://doi.org/10.32938/bc.v3i1.435
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kusmiyati, Khairuddin, Prapti Sedijani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).