Pembekalan dan Pendampingan Guru Bahasa Inggris Kota Mataram dalam Penulisan Laporan Best Practices dengan Menerapkan Deconstruction-Construction Model (DCM)
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9869Diterbitkan:
2024-11-30Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Best Practice, publikasi ilmiah, deconstruction-construction model, guru Bahasa InggrisArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan PKM ini bertujuan untuk (1) membekali guru dengan pengetahuan tentang Laporan Best Practice guru Bahasa Inggris SMP Kota Mataram; dan (2) mendampingi guru Bahasa Inggris dalam mengembangkan Laporan Best Practice. Kegiatan dilaksanakan di Kota Mataram dengan melibatkan 20 orang guru Bahasa Inggris SMP Kota Mataram dan 3 mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram. Kegiatan dilaksanakan secara bauran (f2f dan online) dengan menggunakan Google Meet) dengan durasi kegiatan (online, penugasan, pendampingan, dan tatap muka) berdurasi 32 jam. Kegiatan dilakukan dengan Model Deconstruction-Construction, yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu Concept Building (penanaman konsep), Deconstruction, yaitu membedah karya yang untuk melihat unsur-unsur tulisan, dan Construction, yaitu peserta mengembangkan BP denngan bermodalkan konsep dan hasil telaah. Dari rangkaian kegiatan online dan offline, dapat disimpulkan bahwa (1) kegiatan PKM telah berjalan sesuai dengan perencanaan kegiatan; (2) khalayak sasaran telah memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan Laporan BP; (3) Khalayak sasaran telah menghasilkan produk Laporan BP dengan rentangan ketuntasan 50% - 100%; (4) Khalayak sasaran merespon positif terkait inovasi yang dikembangkan berupa LMS Google Sites, pelatihan secara online, dan workshop tatap muka.
Referensi
Kemendikbud (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru – Buku 4 Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya. Jakarta: Direktorat GTK, Kemendikbud.
Narasintawati, L.S., Asih, L.Y.B., Narasintawati, L. S., Huraiyah, Wachidah, Aliyah, S., Sujana, I M. (2023). Meningkatkan Partisipasi, Kolaborasi, dan Komunikasi dengan Menerapkan Flipped Learning Model pada siswa Kelas IXA SMPN 14 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidik, Vol 8, No. 1, Februari 2023, pp.
Permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Soepriyanti, H., Sujana, I. M., Thohir, L., & Syahrial, E. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Bahasa Inggris MTs Sabilurrrasyad NW Barabali Lombok Tengah Melalui Lesson Study for Community Learning (LSLC). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 79–88. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2375
Sribagus & Sujana, I M. (2008). Meningkatkan Proses dan Kualitas Produk Writing III Mahasiswa PS Pendidkan Bahasa Inggris dengan Menerapkan Model "Deconstruction-Construction", Jurnal Lisdaya 3/1 pp 1-10.
Sujana, I M. (2022). Laporan Akhir Kegiatan Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah (KDS): Kemitraan PS Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram dengan SMPN 14 Mataram. Mataram: FKIP Universitas Mataram
Sujana, I. M., Asih, L. Y. B., Huraiyah, Narasintawati, L. S., Nurwachidah, & Aliyah, S. (2022). Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Sekolah (KDS)*): Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 14 Mataram melalui Pola Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 54–63. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2371
Sujana, I. M., Saputra, A., Melani, B. Z.., Munandar, L. O. A. H., & Riyanto, A. A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Inovatif Bahasa Inggris Smp Dengan Menggunakan Artificial Intelligence (AI) Dan Game-Based Instructions (GBI). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 668–678. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5096
Sujana, I. M., Waluyo, U., Arifuddin, A., & Soepriyanti, H. (2019b). Penerapan Deconstruction-Construction Model dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i2.1094
Sujana, I. M., Waluyo, U., Soepriyanti, H., & Arifuddin, A. (2019a). Workshop Pengembangan Blended Learning Berbasis Google Classroom (GC) sebagai Solusi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1021
Sujana, I. M., Waluyo, U., Soepriyanti, H., & Haris Munandar, L. O. A. (2021). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Pendampingan Penyusunan Publikasi Ilmiah untuk MGMP Bahasa Inggris SMK Kota Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(2), 11-22. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i2.558
Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi No 3 Tahun 2021 tentang Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai dan Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil
Suwanto. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah, dan Best Practices. Surabaya: Jawa Timur Pustaka Intermedia.
Syarial, E., Sujana, I. M., Apgrianto, K., & Udin, U. (2020). Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Kota Mataram Dengan Pola Lesson Study for Community Learning (LSLC). Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i2.2662
Waluyo, U., Soepriyanti, H., Sujana, I. M., Syahrial, E., & Thohir, L. (2022). Pendampingan Guru Bahasa Inggris MTs/MA Darusshalihin NW Kalijaga Lombok Timur dalam Pengembangan Diri dengan Pola Lesson Study for Community Learning (LSCL). Jurnal Pepadu, 3(3), 444 - 451. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/2013
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Made Sujana, Lalu Thohir, Saputra@gmail.com, La Ode A. H. Munandar, Amrina Rosyida
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).