Kelas Persiapan Tes Kemampuan Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9880Diterbitkan:
2024-12-18Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Peningkatan, Kelas Persiapan, Tes Kemampuan, Bahasa InggrisArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB dan Universitas Muhammadiyah Mataram, khususnya dalam persiapan menghadapi tes TOEFL prediksi. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya skor TOEFL prediksi mahasiswa yang belum memenuhi standar kelulusan. Kegiatan ini menggunakan metode Blended Learning yang menggabungkan pembelajaran online dan offline, meliputi kelas persiapan reading, listening, dan tata bahasa, serta simulasi tes TOEFL prediksi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor TOEFL prediksi peserta. Materi pelatihan yang komprehensif, simulasi tes, dan umpan balik individual terbukti efektif dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tes TOEFL. Kegiatan ini juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara Universitas Mataram, Universitas Nahdlatul Ulama NTB, dan Universitas Muhammadiyah Mataram dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung peningkatan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa. Kegiatan ini memberikan dampak positif yang terukur pada peningkatan skor TOEFL peserta, pemahaman yang lebih baik terhadap tes TOEFL, serta peningkatan kepercayaan diri dan motivasi mahasiswa dalam menghadapi tantangan berbahasa Inggris di dunia akademis dan profesional. Saran untuk keberlanjutan program ini mencakup pengembangan materi pelatihan yang lebih mendalam, peningkatan keterlibatan mitra, pemantauan dan evaluasi berkala, serta penyediaan sumber daya tambahan untuk mendukung proses belajar peserta.
Referensi
Ali, S. W. (2023). EFL Students’ Problems and Strategies in TOEFL Test. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(2), 124-135.
Arifuddin, A., Sujana, I. M., & Nawawi, N. (2023). Development of Web-mediated Audio-Visual Listening Book to Boost the Understanding of Implicatures in the TOEFL Short Dialogues. Journal Evaluation in Education (JEE), 4(4), 134-143.
Graham, C. R. (2018). Current research in blended learning. Handbook of distance education, 173-188.
Hernawati, D., & Amin, M. (2017). Analisis self efficacy mahasiswa melalui kemampuan presentasi di kelas. Education and Human Development Journal, 2(1), 26-33 https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i1.379
Hockly, N. (2018). Blended learning. Elt Journal, 72(1), 97-101.
Mahmud, M. (2014). The EFL Students' Problems in Answering the Test of English as a Foreign Language (TOEFL): A Study in Indonesian Context. Theory & Practice in Language Studies, 4(12).
Marliana, R., Syam, A., & Ali, H. (2022). Pelatihan listening TOEFL Paper Based Test pada siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Majene. MALAQBIQ, 1(2), 15-23.
Paulina, P., & Purwanto, P. (2001). Penulisan bahan ajar. PAU PPAI. Ditjen Dikti. Depdiknas, Jakarta.
Phillips, D. (2006). Longman preparation course for the TOEFL test: Next generation iBT. Pearson.
Rahman, L. I., Hijriati, S., Sunni, M. A., & Evangelista, B. (2021). Pelatihan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) kepada dosen universitas teknologi mataram. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 275-282.
Sari, Y. A., Latief, S., & Umar Al Faruq, A. H. (2021). Student difficulties on Structure and Written Expression section of TOEFL in higher education at Metro City. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 6(1), 33-69.
Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412-6418.
Silfia, E., Dewi, S., Munawwaroh, K., Melati, E., & Hafrida, L. (2021). Pelatihan TOEFL preparation course bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas FKIP Universitas Batanghari. Jurnal ABDIMAS ADPI Sosial Dan Humaniora, 2(4), 195-200.
Biografi Penulis
Boniesta Zulandha Melani, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 First Boniesta Zulandha Melani, Kurniawan Aprianto, Desy Herayana, Hartati Suryaningsih
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).