IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAH AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9897Diterbitkan:
2024-12-18Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar Siswa, Project-Based Learning (PjBL); Concept Understanding , Creative Thinking SkillsArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP PLUS AL-GHONIYYAH . Konsep Klasifikasi Zat dengan sub konsep pada siklus I indikator ingkungan yang sehat, sedangkan siklus II tentang Indikator Alami. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII yang terdiri atas 32 orang dan satu orang guru. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan pertimbangan guru IPA bersama peneliti. Model pembelajaran dengan menggunakan model Project based learning. Data diperoleh melalui tes awal siswa sebelum pembelajaran dilaksanakan dan tes akhir setelah pembelajaran, Aktivitas observasi (Unjuk kerja) siswa dan aktivitas (ketercapaian) guru selama pembelajaran tiap siklus, pre tes dan post tes untuk mengetahui hasil belajar siswa (indeks gain) setiap siklus, beserta angket respon siswa selama diberikan model Project based learning dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas. Alat evaluasi hasil belajar yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk menjaring peningkatan hasil belajar siswa mengenai materi Pencemaran Lingkungan . Berdasarkan hasil analisis pembelajaran dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui model Project based learning terjadi peningkatan aktivitas peserta didik sebesar 82% (siklus I) dan 89% (siklus II), ketercapaian guru dalam pembelajaran 79,31% (siklus I) menjadi 96% (siklus II, Peningkatan Hasil Belajar pada Ranah Afektif sebesar72% (siklus I) dan 96% (siklus II), Ranah Kognitif mendapatka indeks gain 0,44 (siklus I kategori sedang) menjadi 0,64 (siklus II kategori tinggi), ranah Psikomotrik dari 75% (siklus I) menjadi 86% (siklus II). Respon Peserta didik terhadap model Project based learning pada pembelajaran ingkungan yang sehat memiliki respon positif menyukai IPA 92%, mempersiapkan pelajaran 85%, memahami materi 85%, bersyukur ada ingkungan yang sehat dalam kehidupan sebesar 97%, melakukan kerjasama dalam kelompok sebesar 88%. Implementasi kurikulum merdeka melalui model Project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Implementasi kurikulum 2013 melalui model Project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil bealar peserta didik
Referensi
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Amir Hamzah Suleiman. (1988). Media Audio-visual untuk Pengajaran dan Penyuluhan. Jakarta : PT Gramedia. Hlm. 68
Bawajir, D.(kamis, 19 Juni 2008). Peran Upaya Menigkatkan Kecerdasan Anak. Cirebon : Majalah Islam orld.
Dahar, Ratna Willis (1998). Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga..Budi , K, dkk.(2007). IPA Untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta : Widya Utama De Porter, dkk. (2000). Quantum Teaching. Bandung : Kaifa Indrawati, dkk.(2001).
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Resesarch).Bandung : Depdiknas. Kemdikbud. (2014). Materi :Kemdikbud
Kemdikbud Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 . Jakarta :Kemdikbud
Kemdikbud. (2014). Buku Pegangan Guru Kelas VII Kurikulum 2013 . Jakarta :Kemdikbud
Kemdikbud. (2014). Buku Pegangan Siswa Kelas VIII Kurikulum 2013 . Jakarta :Kemdikbud
Milly R. Sonneman ,( 2002) Mahir Berbahasa Visual, Bandung: Kaifa,. Hlm : 88
Nana Sudjana.(2007). Dkk, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru
Kemendikbud. 2016.Panduan Pembelajaran untuk SMP. Jakarta :Kemendikbud
Biografi Penulis
Asep Andri, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asep Andri, Muhammad Minan Chusni, Chaerul Rohman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).