Membangun Generasi Cerdas: Sosialisasi Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram di SMA Negeri 1 Terara Menuju Akreditasi Unggul

Penulis

I Wayan Gunada , Wahyudi , Nina Nisrina , Sutrio , Kosim , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Aris Doyan , Susilawati , Joni Rokhmat , Syahrial Ayub , Ahmad Harjono , Muhammad Zuhdi , Gunawan , Muhammad Taufik , Ahmad Busyairi , Satutik Rahayu , Muh Makhrus , Hikmawati , Jannatin Ardhuha

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9955

Diterbitkan:

2024-12-14

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Sosialisasi; Pendidikan Fisika; Akreditasi; Unggul

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Gunada, I. W., Wahyudi, Nisrina, N., Sutrio, Kosim, Verawati, N. N. S. P., … Ardhuha, J. (2024). Membangun Generasi Cerdas: Sosialisasi Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram di SMA Negeri 1 Terara Menuju Akreditasi Unggul . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1778–1784. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9955

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sosialisasi dan promosi Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram di SMA Negeri 1 Terara bertujuan untuk memperkenalkan Prodi Pendidikan Fisika kepada siswa-siswa yang memiliki minat dalam bidang ilmu pengetahuan alam (fisika), meningkatkan animo siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, dan memberikan kontribusi terhadap upaya pencapaian akreditasi unggul bagi program studi.  Metode yang digunakan pada kegiatan sosialisasi ini adalah menggunakan metode sosialisasi partisipatif dengan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan. Subjek kegiatan sosialisasi melibatkan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Terara yang berjumlah 75 orang. Hasil dari kegiatan ini, menunjukkan minat tinggi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, termotivasinya siswa untuk mempertimbangkan profesi guru, khususnya menjadi guru fisika. Ketertarikan terhadap pendidikan fisika menunjukkan potensi untuk mencetak generasi pendidik yang cerdas untuk menguasai konsep dan menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Melalui sosialisasi, diharapkan siswa SMA Negeri 1 Terara semakin termotivasi untuk mengambil langkah konkret dalam meraih cita-cita terutama dalam bidang pendidikan fisika. Kegiatan ini diharapkan berdampak kepada peningkatan animo siswa untuk menempuh studi di Prodi Pendidikan Fisika menuju akreditasi unggul

Referensi

Candra, M. F. (2022). Efektivitas Youtube Sebagai Media Promosi Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unpas. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 231-236.

https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/5683

Fajry, F., Annur, S., & Handayani, T. (2024). Strategi Promosi Prodi Pendidikan Sendratasik Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 51-60.

http://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/728

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi dan pengaruhnya terhadap terhadap animo calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi swasta. Jurnal Aktual, 16(1), 21.

Irzawati, I., Supartinah, Y., Lisnani, L., & Hasibuan, A. R. 2022. Pelatihan Tes Masuk Universitas dan Persiapan Lamaran Kerja Bagi Siswa SMA. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 129-135: http://e-ournal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/10960.

Jayadi, A., Saputra, R. D. A., Sofyan, A. T., & Hidayat, S. (2023). Strategi Promosi Program Studi Melalui Pendekatan Kolaboratif. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 80-91.

https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/23280

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kulla, T., Rumapea, P., & Tampongangoy, D. L. (2018). Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Tinggilbet Distrilk Beoga Kabupaten Puncak Provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58), 3.

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. (2024). Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Mataram.

Sulaiman, A., Nurdin, H., & Zulyadi, T. (2021). Komunikasi Peningkatan Akreditasi Program Studi. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(1), 61-76. https://jurnal.araniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/9407

Thoharudin, M., Marganingsih, A., Pelipa, E. D., & Bobi, Y. (2023). Upaya Peningkatan Mahasiswa Baru Melalui Sosialisasi Prodi Ekonomi dan Peluang Kerjanya Pada Siswa SMA. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 276-282

https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jukeshum/article/view/548

Wibowo, K. A., & Prabawani, B. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Jingle Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sari Roti di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 713-725.

Widiawati, R., Nabilah, F., Qudsi, I., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Vitrianingsih, Y., ... & Lestarie, U. P. (2024). Sosialisasi Beasiswa Kampus: Upaya Memperluas Akses dan Kesempatan Bagi Mahasiswa Berprestasi. JPMNT: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nian Tana, 2(4), 56-68.

Yenusi, K. A., Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Mujasam, M., Sinon, I. L., Sebayang, S. R., & Allo, A. Y. (2023). Sosialisasi prodi Pendidikan Fisika UNIPA dan Pameran Medi Pembelajaran Berbasis TIK. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(2), 122-128. https://journal.ppmi.web.id/index.php/JPKI2/article/view/24

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 I Wayan Gunada, Wahyudi, Nina Nisrina, Sutrio, Kosim, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Aris Doyan, Susilawati, Joni Rokhmat, Syahrial Ayub, Ahmad Harjono, Muhammad Zuhdi, Gunawan, Muhammad Taufik, Ahmad Busyairi, Satutik Rahayu, Muh Makhrus, Hikmawati, Jannatin Ardhuha

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).