Implementasi Bimbingan Belajar Calistung Di Desa Oi Maci Kecamatan Sape

Penulis

Khairuddin , Esti Mulyati Pratiwi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.9991

Diterbitkan:

2024-12-11

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Bimbingan Belajar, Calistung, Desa Oi Maci

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khairuddin, & Esti Mulyati Pratiwi. (2024). Implementasi Bimbingan Belajar Calistung Di Desa Oi Maci Kecamatan Sape. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1721–1725. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9991

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Oi Maci Kecamatan Sape merupakan salah satu desa yang memiliki masalah terkait pendidikan yang terjadi di tengah pandemi Covid-19. Aktivitas belajar yang kurang maksimal dapat menghambat kemampuan baca tulis hitung siswa di kelas rendah. Siswa juga lebih senang memainkan game online dari pada belajar yang mengakibatkan siswa cenderung malas dan belajar menjadi kurang efektif. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melaksanakan bimbingan belajar Calistung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan belajar Calistung di Desa Oi Maci. Kegiatan ini berfokus pada 2 Dusun yaitu Dusun Sumpi dan Dusun Nggaro Lembo. Agar bimbingan belajar dapat terealisasi dengan baik, kegiatan dilakukan dengan metode pendampingan partisipatif dan penyediaan Rumah Baca. Data didapatkan dari observasi, dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan adanya perubahan kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa melalui bimbingan belajar Calistung bagi anak usia sekolah dasar.

Referensi

Apriyanti, S dan Ema Aprianti, E. 2023. Dampak Penyelenggaraan Aktivitas Baca, Tulis Dan Hitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) , ISSN: 2614-4107 (Print), 2614-6347 (Online), Vol.6 No.4, Juli 2023. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/download/17484/5625 : [399 -407]

Ardini, A.I, Yusnadi, dan Macmud, M.T. 2022. PENERAPAN PEMBELAJARAN CALISTUNG PADA ANAK-ANAK DI DUSUN XII DESA KLAMBIR LIMA KEBUN. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, Volume 17 Number 2 Desember 2022, p-ISSN : 1907-9176 e-ISSN : 2620-5254. DOI : doi.org/10.21009/JIV.1702.5, https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/31482/14131: [64-69].

Asiah, N. 2018. Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. TERAMPIL, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.Volume 5 Nomor 1 Juni 2018,p-ISSN 2355-1925, e-ISSN 2580-8915; https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2746/2061: [19-42]

Jessica, V; Halis, A; Ningsi, D.W; Virginia, G.F; dan Syahidah. 2017. Pemberantasan Buta Aksara untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Sekitar Hutan Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa. Agrokreatif , Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 3 (2), ISSN 2460-8572, EISSN 2461-095X, November 2017. [136-142].

Maria, S., Alfianingrum., Sulastri, D., Aswindra, J.S., Jaenal, L., dan Sidae, S.H. 2023. Edukasi dan pengenalan calistung serta peningkatan motivasi belajar kepada anak usia dini. ABDIMU Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat; Volume 02 Issue 1, 2023 :[ 23-29].

Nazidah, M.D.P., Zahari, Q.F., dan Chasanah, T.U. 2022. Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling. PAUDIA Volume xx, No. x, Juli 2022, ISSN : 2598-4047 (online), DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11232 :[417-428].

Nashar. 2014. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nurihsan, Juntika dan Yusuf, Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Setyorini, R. 2017. Hubungan Kemampuan Baca Tulis Hitung dengan Kesiapan Masuk SD Anak TK B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 1 Tahun ke - 6 2017: [12-19].

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subadi, Tjipto, dkk. 2013. “A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers”. International Journal of Education. Vol. 5, No. 2, tahun 2013.

Qur’ani, M. N, 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung bagi Siswa Kelas 2 Di SDN Baruh 3 Sampang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Vol.2, No.1 Juni 2023, e-ISSN: 2964-2027, DOI: https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2:[60-66]

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Khairuddin, Esti Mulyati Pratiwi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).