Informasi Kesehatan Pendengaran Pada Bayi dan Anak Melalui Program Kesehatan TVRI NTB
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.9997Diterbitkan:
2024-12-12Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
World Hearing Day; Health Program; hearing screeningArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
As one of the modern media, television has an important role in conveying various information, including about the world of health. Through attractive and audio-visual displays, television can make it easier for people to receive the health information conveyed. Commemorating world hearing day, TVRI NTB station collaborates with Unram Hospital to provide health education through the "Sehat and Bugar" program with the theme "The Importance of Screening for Hearing Loss in Babies and Children". The aim of implementing this health program is to provide an understanding of the importance of hearing detection in babies and children as early as possible and to increase the knowledge of the NTB community regarding the growth and development of babies and children, especially regarding the ability to hear and speak according to their age. This event was well received by the community. These results can also be seen on Live Streaming which has been watched 121 times and can be used as an evaluation for similar activities in the future
Referensi
Hadi, M.R.A. 2012. Peranan LPP TVRI Dalam Memberikan Informasi Pembangunan Terhadap Masyarakat Kota Pekanbaru (Unpublished master skripsi). Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Riau, Indonesia.
Kadriyan, H. 2019. Pelayanan kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Kepala dan Leher pada Masa Revolusi Industri 4.0: Refleksi dan Studi Kasus di NTB (1st ed.). Mataram: Mataram University Press. Retrieve from eprints.unram.ac.id
Anabarja, S. 2011. Peran Televisi Lokal dalam Mempertahankan Identitas Lokal di Era Globalisasi Informasi. Media Jurnal Global dan Strategis, 30(5).
Jauhari. 2023. Deteksi Gangguan Pendengaran pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), hal 61-71.
Wiryadi, I.M.R, dan Wiranadha, I.M. 2019. Gambaran hasil skrining pendengaran pada pasien dengan keterlambatan bicara & bahasa di poliklinik THT-KL RSUP Sanglah periode Januari-Desember 2017. Medicina, 50(3), hal 452-456.
Yolazenia, Asmawati, & Harianto. 2023. Pemeriksaan dan Edukasi Gangguan Pendengaran Pada Anak Panti Asuhan. Jurnal Inovasi Dan Penerapan IPTEKS, 11(1), hal140-147.
Nugraha, R. P., Wiwik, W., Mitra, H. 2022. Pemeriksaan Skrining Pendengaran Pada Anak Dengan Gangguan Bicara. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat Politeknik Aisyiyah Pontianak, 2(1), hal 77-83.
Zachreini, I., Fahrizal, & Baluqia, I. P. 2023. Bersih-Bersih Telinga (BBT) dan Penyuluhan Menjaga Kesehatan Telinga di Sekolah Luar Biasa Aneuk Nanggroe, Lhokseumawe. AUXILIUM: Jurnal Pengabdian Kesehatan, 1(1), hal 17-21.
Haroen, E., Dina, A., Gilbran, A., & Khalilullah. 2023. Hubungan Faktor Risiko Tuli Kongenital pada Anak dengan Hasil Pemeriksaan Fungsi Pendengaran di RSUDZA. Journal of Medical Science, 4(2), hal 110-121.
The Joint Committee on Infant Hearing. 2019. Year 2019 Position Statement: Principles and Guidelines for Early Hearing Detection and Intervention Programs. The Journal of Early Hearing Detection and Intervention, 4(2), hal 1-44.
Yuliyani, E. A., Yudhanto, D., Wiguna, P. A., Wedayani, A.A.A., Triani, E. & Kayla, B. G. (2024). Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Gangguan Dengar Pada Bayi dan Anak di Poliklinik THT RS Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), hal 163-166.
Aprida, C., Rahman, M. A., & Rachman, W.A. 2015. Edukasi Kesehatan Melalui Program Acara Kesehatan di Media Massa (TVRI Sulawesi Selatan). Jurnal MKMI, hal 16-22.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eka Arie Yuliyani, Putu Aditya Wiguna, Ika Primayanti, Anak Agung Ayu Niti Wedayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).